Find Us On Social Media :
Rawon (bangka.tribunnews.com)

Rawon, Makanan Khas Jawa Timur Yang Bercita Rasa Khas Dan Berempah

Vivi Callvella Sabtu, 20 Juni 2020 | 16:12 WIB

SonoraBangka.id - Sejarah Rawon memang belum banyak yang membahas secara jelas, namun banyak yang beranggapan bahwa Rawon merupakan makanan raja-raja pada zaman dahulu yang bermula dari makanan rakyat jelata. Kini Rawon telah menjadi makanan yang banyak disukai oleh masyarakat bahkan hingga mancanegara.

Di luar negeri, Rawon disebut dengan nama 'Black Soup' karena warna hidangan Rawon berwarna hitam. Rawon memiliki cita rasa khas dengan aroma dan rasa yang menggugah selera. Daging sapi yang merupakan komposisi utama dalam Rawon dimasak hingga empuk. Rasa hidangan Rawon merupakan perpaduan dari rasa manis, gurih dan legit.

Rawon  merupakan  kuliner khas Jawa Timur, berupa sup daging dengan kuah berwarna hitam. Warna hitam dari kuah Rawon berasal dari buah kepayang atau sering disebut dengan kluwak. Meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur,  Rawon juga dikenal luas oleh oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur terutama daerah Surakarta.

Selain itu yang menjadi keistimewaan dari Rawon adalah rasa yang dihasilkan dari kluwak sehingga aroma hidangan menjadi kuat dan berempah . Rawon biasanya disajikan bersama nasi hangat dan dilengkapi dengan tauge rebus. Untuk menambahkan rasa penikmat rawon dapat menambahkan daun bawang, sambal, dan jeruk nipis sesuai selera. Rawon juga cocok dikonsumsi bersama kerupuk udang, telur asin, dan daging sapi goreng atau empal

Berikut ini resep Rawon yang enak dan pasti tak pernah gagal manjakan lidah. Resep Rawon ini juga mudah  dan bisa dikreasikan menjadi menu  favorit keluarga dirumah. dibuat langsung di rumah. Anda bisa membuatnya hanya dengan waktu 60 menit.

Bahan:
350 gram daging tetelan
1.300 ml air
4 lembar daun jeruk buang tulangnya
1 batang serai ambil putihnya, memarkan
1 batang daun bawang potong 1 cm
1 1/2 sendok makan garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh gula pasir
2 sendok makan minyak untuk menumis


Bumbu Halus:
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah keluak seduh
1 cm kunyit bakar
3 butir kemiri sangrai


Bahan Sambal (ulek rata):
10 buah cabai rawit merah, direbus
10 buah cabai merah keriting, direbus
2 sendok teh terasi, dibakar
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir


Bahan Pelengkap:
150 gram taoge pendek
2 sendok makan bawang merah goreng
2 buah jeruk nipis


Cara Membuat Rawon:

  1. Rebus daging tetelan dan air sampai matang. Saring dan ambil 1.000 ml air kaldunya. Didihkan lagi.
  2. Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai sampai harum. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Tuang ke dalam rebusan daging. Masukkan garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai matang.
  3. Sajikan rawon bersama sambal dan pelengkap.


Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Lezatnya Rawon Satu Ini Yakin Tak Pernah Gagal Manjakan Lidah, https://bangka.tribunnews.com/2019/04/15/lezatnya-rawon-satu-ini-yakin-tak-pernah-gagal-manjakan-lidah.