Find Us On Social Media :
Suzuki Satria F150 injeksi yang dilengkapi peranti turbo, mejeng di Jakarta Fair Kemayoran 2016. (Suzuki Indomobil Sales) (kompas.com)

Karburator Dibandingkan Sistem Injeksi pada Motor, Apa Kekurangannya?

Vivi Callvella Kamis, 13 Agustus 2020 | 20:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Pada sepeda motor, Baik karburator maupun injeksi  memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai sistem asupan bahan bakar ke ruang pembakaran. Tapi, ada perbedaan pada sistem kerja keduanya, perbedaan ini yang dinilai membuat injeksi punya keunggulan dibanding karburator.

Adih, sebagai Kepala Bengkel Mekar Bintaro  menjelaskan, karburator memiliki berbagai kekurangan yang sudah diatasi teknologi injeksi. Injeksi memang merupakan teknologi yang muncul belakangan dibanding karburator.

Pada sistem karburator, suplai bahan bakar ke ruang pembakaran disedot dari hasil pergerakan naik turun piston. Menurut Adih, sistem kerja karburator sangan sensitif terhadap perubahan temperatur udara.

“Kalau karburator, begitu tekanan udara berubah, temperatur berubah, kelembaban berubah, sudah tidak bisa diapa-apakan. Karena karburator alat pasif yang tidak bisa berubah sendiri,” ujar Adih saat dihubungi Kompas.com.

Menurut Adih, kekurangan karburator itu sudah tidak ditemui pada sistem injeksi. Sebab pada sistem injeksi, proses penghisapan bensin ke ruang bakar menggunakan peranti elektronik yang berfungsi menyemprotkan bensin ke ruang pembakaran.

Sistem injeksi bila menyeimbangkan volume bensin yang disemprotkan ke ruang bakar dengan kebutuhan mesin untuk mendapatkan hasil pembakaran yang efisien. Selain itu, sistem kerja injeksi tidak terpengaruh terhadap perubahan temperatur udara.

“Injeksi dengan berbagai sensor yang diterapkan, bisa menyesuaikan dengan sendirinya. Jadi keunggulannya sudah begitu jauh (dibandingkan dengan karburator)” terang Adih.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Kelemahan Karburator Dibandingkan Sistem Injeksi pada Motor?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/13/104200015/apa-kelemahan-karburator-dibandingkan-sistem-injeksi-pada-motor-.