Find Us On Social Media :
Ilustrasi nasi bakar sarden. (SHUTTERSTOCK/HAPELINIUM)

Cara Menyulap Sarden Kalengan Biasa Menjadi Sepiring Nasi Bakar Sarden

Julisna Ruswan Selasa, 25 Agustus 2020 | 12:34 WIB

SonoraBangka.id - Jika setiap kali makan sarden kalengan dengan rasa yang sama saja kerap kali bosan akan terasa. Tapi, jangan khawatir, kamu bisa memasak sarden menjadi hidangan yang spesial untuk keluarga. Bahan yang digunakan sederhana dan bisa kamu temukan di dapur rumahmu. Kamu bisa menyulap sarden kalengan biasa menjadi sepiring nasi bakar. Sajian ini bermodalkan nasi dingin, sarden, kemangi, dan cabai. Dalam buku "Seri Jadi Koki Sekejap - Masak Sajian dari Kornet & Sarden dalam Waktu 30 Menit" (2013) oleh Lilly T. Erwin penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, membagikan resep nasi bakar sarden. Berikut resepnya :

Resep nasi bakar sarden

Bahan :

Cara membuat nasi bakar sarden

  1. Bentangkan daun pisang di atas talenan. Isi dengan nasi matang 1/2 bagian, lalu ratakan permukaannya. Baca juga: Tak Cuma Wangi, Ini Keuntungan Bungkus Makanan dengan Daun Pisang
  2. Beri nasi dengan 1/2 bagian sarden yang sudah ditiriskan, susun memanjang dan taburi sarden dengan irisan cabai rawit merah dan daun kemangi. Kalau suka cita rasa asin dapat ditambahkan dengan garam secukupnya.
  3. Gulung nasi seperti lontong, kemudian tekan-tekan bagian kedua ujung agar nasi masuk ke dalam.
  4. Panggang di dalam wajan atau teflon atau baking pan selama 10 menit sambil dibolak-balik. Angkat dan nasi bakar sarden siap disajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Cara Masak Sarden Kalengan, Coba Resep Nasi Bakar Sarden", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/24/160600875/cara-masak-sarden-kalengan-coba-resep-nasi-bakar-sarden.