Find Us On Social Media :
Ilustrasi pisang ijo dari Live Instagram Kompas.Travel yang akan menjadi salah satu hidangan di demo masak bersama Kompas.com Travel (dok. Hotel Four Points by Sheraton Makassar)

Cara Membuat Pisang Ijo, Jajanan Tradisonal Khas Makassar

Julisna Ruswan Minggu, 20 September 2020 | 15:38 WIB

SonoraBangka.id - Jajanan tradisional khas Makassar pisang ijo, terbuat dari pisang raja yang dibalut kulit tepung berwarna hijau. Pisang ijo biasa disajikan dengan saus yang teksturnya serupa bubur dengan rasa manis plus sirup pisang yang hanya ada di Makassar. Executive Chef Suwanta dan Chef de Cuisine Grace Titaheluw dari Hotel Four Points by Sheraton Makassar membagikan resep pisang ijo kepada Kompas.com melalui program #MasakdiRumahAja

Resep pisang ijo

Bahan

Cara membuat pisang ijo

  1. Langkah pertama adalah membuat kulit luar pisang. Didihkan 150ml santan, masukkan 75 gram gula, dan garam secukupnya. Aduk sampai gula larut, masak dengan api kecil dan terus aduk.
  2. Tambahkan pasta pandan dan mentega, bertujuan menghasilkan warna ijo mengilap. Masukkan tepung beras. Aduk sampai adonan kalis dan tidak menempel di panci. Dinginkan.
  3. Saus: campur santan, air kelapa, dan gula pasir. Masukkan daun pandan untuk hasilkan aroma harum. Aduk sampai mendidih, tambahkan garam.
  4. Larutkan tepung beras dengan air kelapa. Campurkan ke adonan saus, aduk hingga mengental. Masak sampai berbuih. Angkat dan saring agar teksturnya lembut.
  5. Ambil adonan kulit sebanyak 3 sdm. Letakkan di atas plastik. Pipihkan dan bentuk jadi lingkaran. Taruh pisang raja di atasnya. Gulung dan pastikan pisang tertutup adonan kulit. Lakukan sampai adonan dan pisang habis.
  6. Kukus pisang selama lebih kurang 5 menit. Setelah matang, potong ukuran 2 cm. Pastikan tidak terlalu tebal atau tipis.
  7. Susun pisang ijo dalam mangkuk saji. Letakkan pisang ijo, siram dengan saus. Taburkan mutiara dan beri sirup pisang raja. Apabila tidak tersedia sirup pisang raja, ganti dengan sirup coco pandan. Pisang ijo dapat ditambah es batu atau dinikmati hangat.



Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Pisang Ijo Lembut, Jajan Tradisional khas Makassar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/17/125316275/resep-pisang-ijo-lembut-jajan-tradisional-khas-makassar