Find Us On Social Media :
Ilustrasi (Thinkstockphotos.com )

Benarkah Gaji Rendah Bisa Meningkatkan Risiko Kematian Dini ?

Riska Tri Handayani Sabtu, 26 September 2020 | 19:22 WIB

SonoraBangka.id- Sebuah studi terbaru mengatakan bahwa, memiliki pekerjaan dengan gaji yang tidak besar alias kecil bisa lebih mematikan ketimbang memiliki badan gemuk.

Bahkan para ahli memperingatkan, gaji yang rendah harus menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh petugas medis sebagai penyebab penyakit yang berhubungan dengan kematian dini.

Orang dewasa yang kekurangan dari segi ekonomi, mengalami penurunan harapan hidup sebanyak 2,1 tahun, demikian hasil penemuan dari para peneliti.

Hampir sama berbahayanya dengan kebiasaan jarang bergerak yang mengurangi harapan hidup sebanyak 2,4 tahun.

Sementara itu, harapan hidup “hanya” berkurang 0,7 tahun bagi oarng dewasa yang obesitas, dan 0,5 tahun untuk mereka yang minum terlalu banyak alkohol.

Nah, para peneliti mengamati lebih dari 1,7 juta orang dewasa dari tujuh negara maju, untuk mendapatkan hasil tersebut.

“Studi ini merupakan yang pertama yang membandingkan dampak kemiskinan dengan ancaman kesehatan lainnya seperti tidak aktif bergerak, merokok, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas dan minum alcohol,” demikian dikatakan oleh peneliti utama Dr Silvia Stringhini, dari Rumah Sakit Lausanne University di Swiss.

Oleh karena itu, merokok ditemukan memiliki dampak kematian dini terbesar, yaitu memotong harapan hidup rata-rata 4,8 tahun.

Studi tersebut menemukan empat dari 10 pria dan lebih dari seperempat wanita dalam kategori sosial ekonomi rendah, 46 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mencapai usia 85 tahun.

Status sosial ekonomi jarang dijadikan faktor penyebab berkurangnya harapan hidup, setidaknya demikian menurut sesama peneliti Profesor Paolo Vineis, dari Imperial College London.

Diungkapkan Paolo bahwa, pendapatan yang rendah dapat memengaruhi kebiasaan, tingkat stres, dan banyak hal dalam kehidupan.

Sehingga, studi yang mereka lakukan menunjukkan bahwa itu harus dimasukkan bersama faktor-faktor konvensional lain sebagai pemicu kesehatan yang buruk.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gaji Kecil Tingkatkan Risiko Kematian DIni", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2017/02/03/111500523/gaji.kecil.tingkatkan.risiko.kematian.dini.