Find Us On Social Media :
Ilustrasi (yukmakan.com)

Nikmat Disantap Dengan Kopi Hitam Pahit, Berikut Ini Resep Lemper Ayam

Julisna Ruswan Rabu, 14 Oktober 2020 | 10:40 WIB

SonoraBangka.id - Lemper bisa jadi sarapan atau camilan yang cepat membuat kenyang. Segelas kopi hitam nan pahit memang paling nikmat disantap bersama lemper. Rasa dan aroma ketan nikmat sangat cocok dengan kopi. Cara membuat lemper juga tidak sulit. Agar aroma lemper semakin wangi kamu hanya perlu menyiapkan daun pisang. Berikut resep lemper ayam dari Sajian Sedap.

Resep Lemper Ayam

Bahan ketan:

Bahan isi:

Bumbu halus:

Cara membuat lemper ayam:

  1. Rebus ayam sampai matang. Angkat ayam. Suwir-suwir dagingnya dan ambil kaldunya sebanyak 250 ml .
  2. Campur ayam, bumbu halus, serai, daun salam, garam, merica, dan gula. Aduk rata dan tuangkan air kaldu. Aduk sampai mendidih, kemudian tuang santan. Aduk lagi sampai air bumbu santan meresap. Dinginkan.
  3. Kukus beras ketan selama 20 menit, angkat dan sisihkan.
  4. Rebus santan, daun salam, serai, dan garam sampai mendidih. Matikan api. Tambahkan beras ketan yang sudah dikukus 20 menit sebelumnya. Aduk sampai santan meresap. Angkat ketan dan kukus lagi 30 menit sampai matang.
  5. Jika ketan sudah matang, ambil ketan dengan kisaran bobot 50 gram. Kepal- kepal dan pipihkan. Ketan lebih mudah dikepal ketika dalam kondisi hagat. Beri isian ayam pada ketan, bungkus dengan daun pisang. Lemper siap disantap. Namun demikian di beberapa daerah lemper juga bisa dibakar untuk menambah aroma.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Lemper Ayam, Nikmat Disantap dengan Kopi Hitam", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/14/071800775/resep-lemper-ayam-nikmat-disantap-dengan-kopi-hitam?page=all#page2.