Find Us On Social Media :
Ilustrasi (cookpad.com)

Cara Membuat Gulai Tunjang, Salah Satu Menu Favorit Di Restoran Padang

Julisna Ruswan Senin, 19 Oktober 2020 | 10:49 WIB

SonoraBangka.id - Bagian dari kaki sapi yang terdiri dari kulit, tulang rawan, dan otot sering disebut tunjang atau kikil. Jika diolah dengan benar, tekstur tunjang yang cenderung alot maka bisa jadi kenyal dan empuk. Tunjang bisa diolah jadi berbagai sajian mulai dari sop hingga gulai. Gulai tunjang khas Padang adalah salah satu yang paling favorit. Kamu tak perlu membelinya di restoran padang jika ingin makan siang dengan menu gulai tunjang. Kamu bisa juga membuatnya sendiri di rumah dengan resep berikut ini. Resep gulai tunjang ini berdasarkan buku "Aroma Rasa Kuliner Indonesia: Sajian Gulai" (2010) karya Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Resep gulai tunjang

Bahan

Bumbu halus

Bumbu lain

Cara membuat gulai tunjang

1.Rebus kulit kaki sapi yang sudah dibuang tulangnya dengan 1 liter air (dalam panci tertutup) hingga empuk dan air agak berkurang. Buka tutupnya.

2.Masukkan bumbu halus, bumbu lain, serta santan encer. Masak kembali hingga bumbu meresap lalu angkat.

3. Hidangkan hangat sebagai lauk nasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Gulai Tunjang Khas Padang, Kikil Sapi Kuah Santan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/18/125200275/resep-gulai-tunjang-khas-padang-kikil-sapi-kuah-santan.