Find Us On Social Media :
Ilustrasi (yummy.co.id)

Hasilnya Lembut Dan Legit, Berikut Ini Cara Mmebuat Bubur Ketan Hitam

Julisna Ruswan Selasa, 27 Oktober 2020 | 11:39 WIB

SonoraBangka.id Salah satu biji-bijian yang kerap diolah menjadi beragam sajian di Indonesia, termasuk bubur manis adalah ketan hitam. Rasanya pun legit dan sedikit gurih dari campuran saus santannya, tekstur bubur ketan hitam biasanya masih ada bagian yang kasar, tetapi didominasi tekstur lembut. Untuk membuatnya sendiri di rumah cukup mudah. Kamu bisa mencoba resep bubur ketan hitam berikut berdasarkan buku "Aroma Rasa Kuliner Indonesia: Bubur Manis dan Kolak" (2010) karya Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Resep bubur ketan hitam

Bahan

Cara membuat bubur ketan hitam

  1. Masak air, beras ketan, dan daun pandan dalam api sedang sambil sesekali diaduk selama 60 menit hingga ketan menjadi lembut dan mengental.
  2. Masukkan gula pasir, masak kembali hingga gula larut dan matang. Angkat
  3. Untuk membuat saus santan, rebus santan, daun pandan, dan garam sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Jangan sampai santan pecah.
  4. Tuangkan larutan tepung maizena, masak kembali hingga mengental. Angkat.
  5. Siapkan mangkuk saji, tuang bubur ketan hitam. Beri saus santan di atasnya. Bubur ketan hitam pun siap disantap.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Bubur Ketan Hitam Sederhana, Hasilnya Empuk dan Manis Legit", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/26/172700275/resep-bubur-ketan-hitam-sederhana-hasilnya-empuk-dan-manis-legit.