Find Us On Social Media :
Kabid Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Babel Arifiyanto (SonoraBangka.id / edwin)

Pemprov Babel Dukung Pembangunan Waduk Ekaguna di Selindung Pangkalpinang

Edwin Kamis, 5 November 2020 | 20:43 WIB

SonoraBangka.id - Untuk mengembangkan penyediaan air baku dan pengendalian banjir di Kota Pangkalpinang dan sekitarnya, Pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung ( Babel ) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berupaya menyelesaikan dokumen lingkungan pembuatan waduk Ekaguna yang berada di Selindung, Kota Pangkalpinang.

Kabid Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Babel Arifiyanto seizin Kadis PUPR mengatakan,Provinsi hanya mendukung untuk pembuatan waduk Ekaguna di Selindung, terkait dokumen lingkunganya karena waduk ini sebagai sumber air baku di Kota Pangkalpinang.Pembangunan waduk ini harus dilakukan bersama-sama baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi Babel dan Kota Pangkalpinang.

"Waduk Ekaguna sedang proses pemenuhan readiness criteria pengusulan kegiatan. Sharingnya Balai WS Babel Kementerian PUPR akan meriview perencanaan teknis, Provinsi akan menyusun dokumen lingkungan dan Pemkot melaksanakan penyediaan lahan," kata Arifiyanto di DPRD Babel.Kamis ( 05/11/20).

Arifiyanto juga mengatakan untuk konstruksi akan diusulkan melalui Balai wilayah sungai Babel ke APBN.

"Mudah-mudahan 2022, jika readiness criteria pembangunan selesai, usulan kegiatan disetujui, konstruksinya bisa dimulai oleh APBN," ungkapnya.

Untuk anggaran yang akan digunakan kurang lebih sebesar Rp 40 miliar dari APBN dalam penyelesaian pembangunan waduk.

"Karena kota pangkalpinang akan berkembang, harus ada sumber airnya mulai dari sekarang harus disiapkan, walaupun mungkin belum terpakai sebagian harus kita save dulu, dan kebutuhan air harus tercukupi untuk mendorong investasi," pungkasnya.