Find Us On Social Media :
Sekretaris Fraksi Demokrta DPRD Bangka Belitung Ranto Sendu (Ist)

Fraksi Demokrat DPRD Babel Ingatkan Pemprov Berpikir Kreatif Pulihkan Ekonomi 2021

Edwin Senin, 30 November 2020 | 09:43 WIB

SonoraBangka.id - Sekretaris Fraksi Demokrta DPRD Bangka Belitung Ranto Sendu meminta Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) untuk dapat berpikir kreatif dan inovatif bagaimana memulihkan ekonomi pada tahun 2021 mendatang.

Dikatakan Ranto Sendu, Tak bisa dipungkiri dampak dari pandemi Covid-19 hingga saat ini terus terasa. Ekonomi menjadi sektor paling utama yang terdampak.

"Kami harapkan adanya terobosan yang baru untuk meningkatkan PAD, namun dengan tidak memberatkan masyarakat agar roda
pemerintahan dapat berjalan optimal meski dalam kondisi
pandemi," kata Ranto.(30/11/20).

Selanjutnya disampaikan Randu bahwa Fraksi Partai Demokrat juga meminta Pemprov Babel dapat memperhatikan betul kegiatan yang akan dilaksanakan dengan tepat dan jelas manfaatnya bagi masyarakat. Bila perlu menunda apabila kegiatan tersebut dalam skala prioritas yang tidak begitu penting.

"Lakukan inventarisir kegiatan, karena kita dalam kondisi tekanan yang tidak pasti akibat pandemi ini. Hal ini juga untuk menjaga agar pelayanan pemerintah yang berdampak langsung terhadap masyarakat dapat terjaga," pintanya.

Pihaknya pun mengharapkan di tahun 2021 nanti, terus dilakukan secara intensif pengendalian kas daerah agar tetap terjaga positif.
Pemprov Babel juga harus selektif dalam merealisasikan
anggaran belanja sesuai sumber pendanaan.

"Selain itu, tahun
depan usaha-usaha pemulihan ekonomi daerah secara bertahap
harus ditangani secara serius," jelasnya.

Sekretaris Komisi IV DPRD Babel ini juga menambahkan, RAPBD 2021 disusun dalam kondisi tekanan dan ketidakpastian yang tinggi akibat pandemi Covid-19. Hal ini memberikan dampak yang luar biasa terhadap kondisi kesehatan, sosial, dan ekonomi baik di daerah maupun nasional.

"Harus saling dukung dan kerjasama yang baik seluruh komponen di Babel, dengan semangat gotong royong, langkah-langkah tersebut diharapkan dapat menentukan keberhasilan penanganan Covid-19 dan memberikan dampak positif bagi pemulihan perekonomian di tahun 2021," pungkasnya.