Find Us On Social Media :
(Ist )

Fokus Pengembangan Porang, Pemprov Babel Sediakan Bibit,Pemasaran Hingga Pengawasan

Edwin Rabu, 16 Desember 2020 | 10:31 WIB

SonoraBangka.id – Pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung (Babel) saat ini sedang gencar mengembangkan produk porang.Kemudian bagi para petani yang ingin mengelola porang, Pemprov menyediakan pembibitan, pengawasan, serta pemasarannya.

Porang yang saat ini sedang viral memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena dari porang dapat dibuat berbagai produk, salah satunya aneka makanan untuk diet bagi para penderita diabetes karena memiliki kandungan gizi dan serat yang tinggi dengan nilai glukosa hampir nol.

Porang juga menjadi komoditi yang sangat diminati oleh negara-negara seperti Jepang, Cina, Korea, bahkan hingga Eropa dan Amerika yang selalu kekurangan bahan baku porang.

"Untuk mendalami ilmu tentang porang , kami melakukan perjalanan dari Surabaya, Madiun, Sidoarjo, hingga Kediri, Dan bersama CV Trimitra Anucara, kunjungan ini untuk memastikan bahwa bibit porang yang disebarkan di Kepulauan Babel benar-benar bibit berkualitas,"ujar Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Mutu Benih (BPSMB) Dinas Pertanian Provinsi Babel Wahyudi.(15/12/20).

Wahyudi menjelaskan Setelah mengunjungi PT PAIDI INDO PORANG untuk menimba ilmu secara teori dan praktik. Kunjungan rombongan BPSMB juga mengunjungi pabrik pengolahan porang PT Makrifat Alam Sejahtera dan PT Ambico membahas mengenai kerja sama dengan offtaker dari luar negeri.

"Di PT Ambico yang bergerak dalam pengolahan barang baku porang menjadi barang jadi, Pemprov. Babel melalui BPSMB Babel berencana menjalin kerja sama dengan berbagai negara seperti Jepang. Dengan simbiosis mutualisme, PT Ambico sangat mendukung banyak daerah untuk mengembangkan porang, karena untuk pengolahan PT Ambico sendiri mengaku kurang jika hanya mendapatkan bahan baku dari Pulau Jawa,"pungkas Wahyudi.