Find Us On Social Media :
Ilustrasi tumis lidah sapi. (Dok. Shutterstock/Sardo Michael)

Cara Membuat Lidah Sapi Masak Tomat Cocok Untuk Sajian Makan Keluarga

Julisna Ruswan Selasa, 2 Februari 2021 | 11:58 WIB

SonoraBangka.id - Lidah sapi dapat diolah dengan tumisan bumbu tomat. Bahan utama yang digunakan seperti lidah sapi, air perasan jeruk, tomat segar, kecap asin, pala, buah lawang, biji cengkeh, bawang putih. Lidah sapi masak tomat, sajian yang bisa menjadi makan malam untuk keluarga. Resep ini ada pada buku “Resep Daging Selezat Restoran China” (2012) karya Mary Winata penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Berikut resep lidah masak tomat:

Resep lidah sapi masak tomat

Bahan:

Campuran untuk bumbu:

Cara membuat lidah sapi masak tomat:

  1. Siram lidah sapi dengan air mendidih, bersihkan. Lumuri lidah dengan garam dan air perasan jeruk nipis, diamkan selama lebih kurang 15 menit. Cuci lidah sampai bersih, tiriskan.
  2. Panaskan minyak, tumis bawang bombai sampai harum. Masukkan lidah, semua bumbu, dan air. Masak selama 60 menit sampai lidah matang, empuk dan air menyusut. Setelah lidah matang, angkat lidahnya, potong- potong ukuran empat cm. Susun di atas piring saji.
  3. Masukkan wortel dan cairan tepung sagu ke kuah rebusan lidah, masak sampai kuah mengental.
  4. Ciprati air jeruk nipis. Angkat siram ke atas potongan lidah yang telah disusun di piring saji.
    Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Lidah Sapi Masak Tomat, Olahan Jeroan yang Nikmat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/29/170200275/resep-lidah-sapi-masak-tomat-olahan-jeroan-yang-nikmat.