Find Us On Social Media :
Ketua Umum Kagama Ganjar Pranowo bersama Piyu, gitaris Padi Reborn, seusai acara penyerahan lagu Kagama Bhakti di Semarang, Jawa Tengah, Senin (22/2/2021). (Tribunnews.com)

Padi Reborn Rilis Ulang Lagu 'Kagama Bhakti' Berkolaborasi dengan Keluarga Alumni UGM

Evi Nurfadiyah Selasa, 23 Februari 2021 | 15:16 WIB

SonoraBangka.ID - Grup musik Padi Reborn belakangan semakin aktif menghasilkan karya musik yang ditujukan untuk kepentingan non-komersil.

Seusai pada Oktober tahun lalu bersama Satgas Penanganan Covid-19 merilis lagu “Ingat Pesan Ibu”, Padi Reborn kini kembali terlibat dalam sebuah produksi musik kolaboratif.

Fadly cs digandeng Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) menggarap dan menyanyikan Kagama Bhakti.

Kagama merupakan wadah Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam mendharma-baktikan tenaga dan pikirannya ke masyarakat, bangsa, dan negara.

Lewat kolaborasi ini, Padi Reborn diharapkan dapat membantu memopulerkan nilai-nilai positif yang banyak terkandung dalam lirik lagu Kagama Bhakti kepada publik.

Personel Padi Reborn beranjangsana dan menyerahkan karya musik lagu Kagama Bhakti kepada Ketua Umum Kagama Ganjar Pranowo di Semarang, Senin (22/2/2021).

Gubernur Jawa Tengah tersebut mengapresiasi Padi Reborn sebagai musisi yang punya kepedulian tinggi dan berkontribusi positif untuk masyarakat.

"Mewakili Kagama, saya menyampaikan terima kasih ke Padi Reborn yang berkenan menyanyikan dan memproduksi ulang lagu Kagama Bhakti," kata Ganjar Pranowo.

Lagu ini dianggap Ganjar Pranowo punya nilai-nilai yang sangat bagus lewat musikalitas dari Fadly (vokal), Piyu dan Ari (gitar), Rindra (bass) dan Yoyo (drum).

Lagu Kagama Bhakti yang dibawakan kembali Padi Reborn sebelumnya diciptakan dan diaransemen Dika Sri Hapsari, Alumni Fakultas Pertanian UGM.

Lagu berdurasi sekitar 3 menit ini berisi lirik-lirik yang menggambarkan keelokan alam dan budaya Indonesia yang perlu dijaga dan dilestarikan.

Liriknya juga menegaskan komitmen seluruh alumni UGM untuk bersatu dan berkontribusi untuk Tanah Air Indonesia.

Fadly merasa bangga dan terhormat didapuk untuk menyanyikan Kagama Bhakti, lagu yang jadi pedoman dan semboyan alumni UGM menjaga dan memajukan Indonesia.

Menurut Fadly, lagu Kagama Bhakti memiliki daya magis kuat dengan notasi musik yang harmonis serta bait lirik yang merefleksikan kecintaan pada alam dan budaya Indonesia.

"Notasi dan lirik lagu ini seakan membius pendengar untuk terhanyut dalam keindahan Indonesia," kata Fadly.

Piyu bahkan terkejut ketika awalnya diminta menggarap lagu Kagama Bhakti.

Terlebih tidak ada satupun personel Padi Reborn yang merupakan alumni kampus yang berada di Yogyakarta itu.

Setelah bicara dengan para pengurus Kagama, Padi Reborn justru sadar, kolaborasi ini menjadi simbol bahwa Kagama adalah organisasi inklusif dan terbuka bagi siapapun.

Surendro Prasetyo alias Yoyo memuji Kagama sebagai jejaring alumni yang mempunyai keterikatan kuat untuk saling bekerjasama demi kemajuan bangsa.

Yoyo berharap kontribusi yang diberikan Padi Reborn melalui lagu Kagama Bhakti bisa memberikan manfaat bagi pengurus dan anggota Kagama serta masyarakat luas.

Yoyo berharap, keterlibatan Padi Reborn bisa membantu agar lagu ini semakin dikenal luas dan menginspirasi banyak orang untuk semakin mencintai dan menjaga Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Padi Reborn Rilis Ulang Lagu 'Kagama Bhakti' Berkolaborasi dengan Keluarga Alumni UGM, https://www.tribunnews.com/seleb/2021/02/22/padi-reborn-rilis-ulang-lagu-kagama-bhakti-berkolaborasi-dengan-keluarga-alumni-ugm.