Find Us On Social Media :
Acara pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) XXIX Kota Pangkalpinang Tahun 2021, di ruang pertemuan OR Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Kamis (1/4/2021). (Sonorabangka.id/ Zulhaidir)

Buka MTQH Tingkat Kota, Walikota Pangkalpinang Berharap Masjid Ramai dan Al-Quran Dibaca Terus

Yudi Wahyono Sabtu, 3 April 2021 | 14:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadis (MTQH) ke XXIX tingkat kota Pangkalpinang Tahun 2021 di Ruang OR Kantor Walikota Pangkalpinang, Kamis (01/4/21) malam.

Perlombaan MTQH mengusung Tema “Dengan MTQH XXIX Tingkat Kota Pangkalpinang Tahun 2021 Kita Tingkatkan Pemahaman AL Qur’an dan Moderasi Beragama dalam Mewujudkan Pangkalpinang Kota Beribu Senyuman” dengan diikuti sebanyak 412 orang peserta dalam perlombaan terdiri dari 7 kecamatan sekota Pangkalpinang.

Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen), dalam sambutanya mengatakan dirinya lama diluar daerah, tapi ketika kembali ke kampung halaman terasa begitu nikmatnya

“Budaya melayu harus tetap kita jaga, jangan sampai hilang, saat ini muda-mudi kita mungkin hanya 30 persen saja yang mau ke masjid,” ungkap Molen.

"Sekarang tanggung jawab kita agar masjid ramai dan Al-Quran di baca terus, sehingga jangan sampai hilang di Bangka Belitung ini," imbuhnya.

Ia juga mengatakan akan mengumrohkan para muda-mudi kita yang menang MTQH agar ada semanggat baru bagi muda mudi di kota Pangkalpinang.

“Saya bukan ahli agama, saya hanya umaro dan akan selalu dekat dengan ulama. Mari kita bersama bangun kota Pangkalpinang,” jelas Molen.

Selanjutnya, Molen menegaskan mari kita buang rasa iri dan dengki mari kita bersama-sama jaga iman kita agar bisa masuk surga.

“Bagi yang kuat iman mari tarik kawan-kawan kita untuk mengikuti kegiatan Gerbang Surga,” pintanya.

Walaupun anggaran kegiatan MTQH ini sangat minim, dengan anggaran yang kecil pun bisa berjalan dengan sukses.

“Yang penting pelaksanaannya bisa berjalan. Kita harus pintar-pintar berinovasi ditengah Covid-19 tanpa harus menghilangkan marwahnya,” tegasnya.

Ia juga mengatakan jika dirinya tidak benar, jangan ikuti dirinya walaupun seorang umaroh. Tapi kita berharap masyarakat dikota Pangkalpinang bisa ada kaderisasi generasi muda.

“Kita sudah berkerja sama dengan Honda MTQH ke XXIX kita siapkan satu unit motor tahun ini,” pungkasnya.