SONORABANGKA.ID - Kendaraan Skuter matik (skutik) menggunakan CVT sebagai sistem transmisinya. Bagian ini termasuk salah satu yang paling vital fungsinya.
Asep Suherman sebagai Kepala Bengkel AHASS Cibinong dan Megamendung, mengatakan, dalam komponen CVT terdapat beberapa bagian dan tutup CVVT termasuk bagian penting.
"Selain berfungsi untuk melindungi bagian CVT dari kerikil atau debu yang diakibatkan dari faktor luar atau jalan," ujar Asep, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.
Asep mengatakan, jika tutup CVT tidak terpasang sangat berisiko ada kerikil yang masuk ke bagian CVT yang bisa mengakibatkan kerusakan atau kecacatan pada komponen CVT.
"Selain itu, di dalam tutup CVT terdapat bagian penting, yaitu bearing blok CVT yang terlihat sepele padahal fungsinya sangat mempengaruhi," kata Asep.
Dijelaskan Asep, fungsi bearing blok sebagai penstabil atau untuk menahan keolengan dari poros belakang atau as gardan CVT, di mana keolengan tersebut diakibatkan gaya sentrifugal.
"Menurut analisa dan logika, jika tutup CVT tidak terpasang, maka keolengan dari CVT akan timbul. Sehingga, bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen CVT, khususnya di bagian-bagian gardan," ujar Asep.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dampak Buruk Motor Matik Tidak Pakai Tutup CVT", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/12/152100015/dampak-buruk-motor-matik-tidak-pakai-tutup-cvt.