Find Us On Social Media :
(Ist)

Pemkab Bateng Luncurkan Gerakan Lorong Hijau

Edwin Sabtu, 3 Juli 2021 | 13:30 WIB

SonoraBangka.id - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pangan meluncurkan Gerakan Lorong Hijau (GLORI) Tanam dan Panen Sayuran di Pekarangan di KWT Suka Bersama, Desa Trubus Kecamatan Lubuk Besar, Jumat (02/07/2021).

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, menyampaikan bahwa Pemerintah secara gencar melakukan upaya diversifikasi konsumsi pangan. Upaya tersebut dilakukan tidak untuk mengganti beras secara total tetapi mengubah pola konsumsi pangan masyarakat sehingga masyarakat mengkonsumsi lebih banyak jenis atau ragam pangan, baik untuk jenis karbohidrat, protein hewani dan protein nabati serta sumber vitamin dan mineral yang menjadikan kualitas gizi lebih baik.

"Kami mengharapkan gerakan lorong hijau ini menjadi kegiatan yang rutin, berkelanjutan dan bisa dilaksanakan seluruh rumah tangga, karena selain untuk menambah pangan dan gizi keluarga juga bisa menambah pendapatan keluarga," katanya.

Sementara itu, Edy Romdhoni selaku Kepala Dinas Pangan Bangka Tengah mengatakan, Kelompok Wanita Tani (KWT) Suka Bersama Desa Trubus ini merupakan salah satu dari 11 KWT penerima paket bantuan P2L (Pekarangan Pangan Lestari).

"Gerakan lorong hijau (Glori) pada pagi hari ini harapannya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat penerima bantuan. Untuk anggota lainnya nanti bisa dibantu melalui anggaran dari desa maupun kecamatan hingga mampu menggiatkan kemunculan glori-glori lainnya," ujar Edy.

Disebut Edy, di Desa Trubus sendiri terdapat 34 KWT dari jumlah KK yang ada di desa itu namun hal ini belum memberikan efek langsung terhadap masyarakat. Untuk itu, pihaknya akan mendukung dan membantu sehingga setiap lorong rumah tangga tampak hijau dengan sayuran.

"Selain launching glori, juga ada panen sayuran bersama Bupati Bateng. Kunjungan ini merupakan yang pertama di KWT Suka Bersama Desa Trubus dan kami namakan Glori 1 (satu). Kedepannya, kami akan berkeliling ke desa lainnya yang akan kami namakan Glori 2, 3 dan seterusnya sampai desa yang kesebelas,” pungkasnya.