Find Us On Social Media :
Ilustrasi bakpao baru selesai dikukus dalam wadah bambu. (SHUTTERSTOCK/BONCHAN)

Sajikan Bersama Areh, Berikut Ini Cara Membuat Bakpao Ubi Ungu

Julisna Ruswan Sabtu, 14 Agustus 2021 | 20:38 WIB

SonoraBangka.id - Bakpao biasanya dibuat dari tepung dan diberi beragam bahan isian, seperti kacang merah, kacang hijau, dan daging ayam. Kali ini, kamu bisa membuat bakpao menggunakan tepung terigu dan ubi jalar ungu.  Cara membuat bakpao ubi ungu sama seperti membuat bakpao pada umumnya. Kamu harus mencampur bahan, menguleni, dan mengukus bakpao. Selengkapnya, simak resep bakpao dari buku "25 Resep Kreatif Olahan Ubi Jalar" (2013) oleh Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut ini.

Resep bakpao ubi ungu

Bahan 1:

Bahan 2:

Bahan isi:

Bahan areh:

Cara membuat bakpao ubi ungu

  1. Campur semua bahan 1, aduk rata dengan tangan selama 30 menit, sisihkan. Diamkan selama satu jam.
  2. Campur semua bahan 2, aduk rata dengan tangan dan diamkan selama 30 menit.
  3. Campur semua bahan adonan 1 dan adonan 2, diamkan kembali selama 30 menit.
  4. Campur gula pasir, kacang hijau yang sudah dikukus, garam, dan santan, lalu blender.
  5. Masak kacang hijau yang sduah halus di wajan antilengket, beri garam dan daun pandan, masak hingga adonan matang dan dapat dipulung. Dinginkan dan buat bulatan sebesar kelereng.
  6. Setelah adonan mengembang, bagi menjadi 20 bagian, pipihkan, isi dengan adonan kacang hijau, bulatkan kembali dan bentuk sesuai selera.
  7. Kukus adonan di dandang dengan dialasi daun atau kertas roti menggunakan api besar selama 20 menit hingga matang. Angkat dan dinginkan.
  8. Campur semua bahan areh dan masak hingga mengental.
  9. Isi adonan areh ke dalam plastik segitiiga, lubangi ujung plastik dan hiasi bagian atas bakpao dengan hiasan areh sesuai selera. Hidangkan. 

    Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Bakpao Ubi Ungu Kacang Hijau, Sajikan Bersama Areh", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/08/14/093418075/resep-bakpao-ubi-ungu-kacang-hijau-sajikan-bersama-areh?page=all#page2.