Find Us On Social Media :
bahan ban vulkanisir (Alibaba) (kompas.com)

Tips jika Ingin Vulkanisir Ban, Kondisi Bagian Luar Jangan Rusak

Oliver Doanatama Siahaan Senin, 23 Agustus 2021 | 17:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Vulkanisir ban adalah proses memasang telapak baru pada ban lama. Dapat dikatakan, cara ini memberikan kehidupan kedua untuk ban yang tapaknya sudah aus.

Adanya konsep vulkanisir membuat pemilik kendaraan niaga seperti truk bisa menekan biaya operasional. Sebab, ia tidak perlu membeli ban baru bila alur pada tapaknya sudah habis.

Selain ekonomis, ban vulkanisir turut mengurangi jumlah limbah ban yang terbuang karena menerapkan prinsip reuse agar ban bekas tidak menjadi sampah.

Tapi di lapangan kadang-kadang ditemui telapak ban hasil vulkanisir terlepas. Hal ini bisa disebabkan karena kualitas casing ban yang sudah tidak layak divulkanisir. Atau bisa juga karena penggunaan bahan yang tidak baik mutunya.

Menurut Bambang Widjanarko, Independent Tire & Rim Consultant, casing ban yang akan divulkanisir wajib dalam kondisi baik. Sayangnya beberapa pemilik angkutan barang memaksakan vulkanisir ban yang kondisi casing-nya sudah tidak layak pakai.

Casing ban yang bekas pemakaian overloading atau pengemudi yang agresif itu sebenarnya tidak layak divulkanisir. Tapi kadang kala, pemilik casing memaksakan untuk minta vulkanisir,” ucap Bambang kepada Kompas.com belum lama ini.

Berbeda dengan ban baru yang kualitasnya sudah pasti sesuai dengan standar kelayakan, mutu pada ban vulkanisir bisa berbeda-beda ditentukan oleh pemilik casing ban bekas yang akan divulkanisir.

“Begitu juga jika budget-nya minim, ada kualitas dari lem atau telapaknya yang diturunkan. Jadi seolah-olah ban vulkanisir ini kualitasnya ditentukan oleh pembeli,” kata Bambang menambahkan.

Hal ini lah yang terkadang membuat pemilik casing ban menyalahkan kualitas proses vulkanisir. Padahal ia sendiri yang meminta vulkanisir sesuai dengan modal yang dimilikinya.

Bambang mengatakan bahwa kualitas vulkanisir bisa dibuat hampir setara ban baru. Sayangnya butuh biaya yang tinggi, mendekati biaya untuk membeli ban baru.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips jika Ingin Vulkanisir Ban, Bagian Luar Jangan Rusak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/23/121200515/tips-jika-ingin-vulkanisir-ban-bagian-luar-jangan-rusak.