Find Us On Social Media :
Suga BTS (GRID.ID/Citra Widani)

Suga BTS Beri Kritik Keras Agensi Hiburan yang Melakukan Hal Ini

Evi Nurfadiyah Rabu, 25 Agustus 2021 | 15:55 WIB

SonoraBangka.ID - Sebagai penyanyi, rapper sekaligus produser, Suga BTS menuangkan pandangannya soal agensi hiburan.

Delapan tahun berkecimpung di dunia hiburan terutama industri K-Pop, Suga BTS mengkritik keras agensi yang semena-mena kepada artisnya.

Agensi memang berhak memberikan arahan kepada para artisnya, namun menurut Suga BTS, hal tersebut juga harus dibarengi dengan alasan yang jelas.

Sebagaimana diketahui, menjadi idol K-Pop memanglah sulit.

Seseorang harus melakukan pelatihan ketat selama bertahun-tahun sebagai syarat untuk debut sebagai anggota grup K-pop.

Setelah debut menjadi artis pun, mereka tetap harus melakukan apa yang diperintahkan oleh agensi, mulai dari gaya berpakaian, konsep video klip, tema musik, dan lain sebagainya.

Ini adalah tugas dan pekerjaan yang wajar dilakukan oleh agensi hiburan. Akan tetapi, hal tersebut harus dilakukan secara realistis.

Jika sebuah grup tak memungkinkan untuk memenuhi apa yang ditetapkan agensi sebelumnya, maka itu adalah sesuatu yang perlu dimaklumi.

"Dalam hal ini, saya pikir label harus secara aktif mengakomodasi pandangan artis tentang apa yang bisa dan tidak bisa mereka lakukan."

"Pemikiran seperti 'Oh, kami membuat kalian menjadi artis, dan selamanya kalian hanya melakukan apa yang kami suruh, semuanya akan berhasil, jadi lakukan saja' saya pikir itu benar-benar tidak masuk akal," ucap Suga, dikutip dari Koreaboo.com, Selasa (24/8/2021).

Suga melihat fenomena seperti ini sebagai sebuah permasalahan besar yang harus segera diatasi.

Menurut pelantun lagu 'Butter' itu agensi tak bisa menganggap artisnya sebagai produk, karena sesungguhnya setiap dari mereka memiliki akal dan kreatifitas yang bisa ditonjolkan.

"Jika Anda hanya melihat artis sebagai produk, bagaimana mereka bisa melakukan sesuatu yang kreatif?" ungkap Suga.

Ini menjadi catatan penting untuk agensi K-Pop agar bisa lebih banyak berdiskusi dan dapat memperlakukan artisnya lebih manusiawi.

https://www.grid.id/read/042855200/sukses-sebagai-penyanyi-rapper-sekaligus-produser-suga-bts-beri-kritik-keras-agensi-hiburan-yang-melakukan-hal-ini?page=2