Find Us On Social Media :
Transmisi Otomatis Xpander(Stanly/KompasOtomotif) (kompas.com)

Jangan Melakukan Kebiasaan Langsung Pindahkan Transmisi dari D ke P di Mobil Matik

Oliver Doanatama Siahaan Selasa, 7 Desember 2021 | 18:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketika mobil berhenti cukup lama atau di posisi parkir, pengemudi mobil dengan transmisi matik atau otomatis biasanya akan langsung memindahkan tuas transmisi dari D (drive) ke P (parking).

Begitu juga saat mobil hendak jalan, dari posisi P langsung dipindahkan ke D. Sehingga tak sedikit pemilik kendaraan yang merasakan hentakan dan suara keras dari transmisi.

Padahal, proses tersebut sebetulnya kurang tepat dan pada akhirnya bisa mempengaruhi usia sistem transmisi.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, kebiasan buruk tersebut memang dapat memengaruhi usia transmisi. Tapi yang paling penting adalah mobil harus dalam keadaan berhenti sebelum pemindahan tuas dari D ke P.

“Dari D bisa dipindahkan ke N untuk menghilangkan torsi dari mesin (posisi kaki menginjak rem), lalu rem tangan dan pindah ke posisi P sehingga gigi pawl locking tidak terlalu berat karena menahan beban kendaraan,” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/12/2021).

Perlu diketahui, saat kendaraan berada di posisi P, transmisi dalam keadaan terkunci akibat aktifnya pengunci transmisi.

Pengunci transmisi mempunyai ukuran fisik cukup kecil, untuk ukurannya berbeda-beda pada setiap kendaraan, ada yang hanya punya panjang sekitar 1 hingga 2,5 cm dengan diameter 3 cm. Bisa bayangkan saat pengunci tersebut aktif, dengan ukurannya sekecil itu harus menahan bobot kendaraan yang besar.

Oleh karena, agar komponen tersebut tidak cepat aus, saat kendaraan berhenti pengemudi sebaiknya memindahkan tuas dari posisi D ke N (netral) terlebih dahulu.

Setelah itu baru menarik rem tangan hingga dan lepas kaki dari pedal rem. Baru menarik tuas transmisi ke posisi P.

“Karena kalau dari posisi D ke P langsung, kemudian aktifkan rem tangan, pada saat kaki melepas pedal rem ada potensi mobil akan maju atau mundur sedikit (tergantung seberapa rata permukaan saat parkir), sehingga pawl lock berat bebannya dalam menahan kendaraan,” ucap Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Kebiasaan Langsung Pindahkan Transmisi dari D ke P di Mobil Matik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/07/134100415/jangan-kebiasaan-langsung-pindahkan-transmisi-dari-d-ke-p-di-mobil-matik.