Find Us On Social Media :
Antrean kendaraan di SPBU Pasar Pagi, Pangkalpinang, Jumat (10/12/2021) sore. (Sonorabangka.id/ Yudi)

Soroti Kelangkaan BBM, Rio Minta Pemprov Babel Proaktif Carikan Solusi

Yudi Wahyono Sabtu, 11 Desember 2021 | 13:08 WIB

SONORABANGKA.ID -  Anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Rio Setiady menyoroti persoalan kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) yang terjadi sejak beberapa hari terakhir.

Menurut Rio, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebaiknya segera mencarikan solusi sekaligus melakukan pemantauan di lapangan terkait kelangkaan BBM ini.

Sebab, kelangkaan BBM yang terjadi belakangan ini benar-benar sudah banyak dikeluhkan oleh masyarakat.

“Pemerintah daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebaiknya proaktif melakukan pemantauan di bawah, karena antrean dan kelangkaan BBM ini sudah berjalan sekian lama dan dikeluhkan oleh masyarakat,” ungkap Rio dikutip dari Bangkapos.com Jumat (11/12/2021).

 

Rio juga menyebutkan  bahwa secara kewenangannya memang pengaturan BBM bukan berada di Pemerintah Kabupaten/ Kota.

Oleh karena itu, jika pemerintah kabupaten/kota ingin melakukan penertiban, maka yang dapat dilakukan adalah penegakan Peraturan Daerah tentang Ketertiban Umum di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) tak dapat lebih.

“Perda Tibum itu yang mengatur ketertiban pengguna jalan dan kerumunan massa di SPBU, yang dikhawatirkan dapat membahayakan. Karena SPBU relatif rentan, jika harus terjadi penumpukan kendaraan bermotor seperti saat ini,” terang Rio.

Di sisi lain, dia meminta, aparat penegak hukum (APH) untuk dapat bertindak secara masif saat kelangkaan BBM ini terjadi. Pasalnya kelangkaan BBM sudah menimbulkan keresahan di masyarakat.

Terlebih lagi saat ini harga eceran BBM jenis pertalite sudah melampaui harga eceran lebih dari biasanya.

Belum lagi adanya aktivitas tambang timah timah yang meningkat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang tentu saja mempengaruhi kebutuhan BBM.

Sementara untuk pasokan BBM tetap, alias tidak bertambah.

“Karena laporan ini sudah kami terima dari masyarakat dan tentu saja kami berkewajiban meneruskan nya kepada pihak terkait, baik kepada pemerintah provinsi maupun aparat penegak hukum,” tandas Rio

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul BBM Mulai Langka, Rio Minta Pemprov Bangka Belitung Proaktif