Find Us On Social Media :
Sertifikat vaksin Covid-19 bisa dicetak layaknya kartu ATM. ((Tokopedia/Snappy) )

Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19 dari Rumah? Begini Loh Caranya

Marselus Wibowo Rabu, 12 Januari 2022 | 10:31 WIB


SonoraBangka.ID - Masyarakat yang sudah disuntik vaskin Covid-19, dapat melakukan cek sertifikat vaksin dengan mudah. Sertifikat vaksin juga dapat dicetak secara mandiri di rumah. Bagaimana cara cetak sertifikat vaksin Covid-19?

Cara cetak sertifikat vaksin Covid-19 tentu sangat mudah. Anda hanya perlu mengunduh sertifikat vaksin pertama dan kedua melalui aplikasi atau laman PeduliLindungi. Setelah itu bisa langsung cetak sertifikat vaksin sendiri.

Ada beberapa keuntungan dari cara cetak sertifikat vaksin secara mandiri. Selain hemat biaya, cetak sertifikat vaksin sendiri juga terbilang aman. Anda dapat mencegah penyalahgunaan data pribadi pada sertifikat vaksin.

Nah, bagi Anda yang ingin mencetak sertifikat vaksin Covid-19 di rumah, cukup mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Cara mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 di laman PeduliLindungi

Cara mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 lewat aplikasi PeduliLindungi

Cara cetak sertifikat vaksin Covid-19

Setelah berhasil mengunduh, Anda bisa langsung mencetak sertifikat vaksin Covid-19 dengan PC yang terhubung dengan printer. Namun jika ingin mengedit ukurannya, Anda dapat mengedit menggunakan software Photoshop atau Microsoft Word

Berikut ini adalah cara cetak sertifikat vaksin Covid-19 lewat softwaret Microsoft Word dengan mudah:

Kegunaan sertifikat vaksin Covid-19

Meski pemerintah tidak mewajibkan untuk mencetaknya, namun sertifikat vaksin dibutuhkan masyarakat untuk mengakses sejumlah layanan dan tempat publik. Terutama jika pemerintah kembali menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Jika tidak bisa menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19, maka Anda tidak bisa mendapatkan izin untuk masuk ke fasilitas publik tersebut. Misalnya saja untuk masuk ke mal atau pusat perbelanjaan, taman bermain, restoran (rumah makan), kantor, layanan transportasi umum, lokasi pariwisata, kegiatan keagamaan, pendidikan (masuk sekolah) dan lainnya.

Itulah informasi seputar cara cetak sertifikat vaksin secara mandiri dengan mudah. Sebelum mencetaknya, Anda dapat melakukan cek sertifikat vaksin dan mengunduhnya lewat aplikasi atau laman PeduliLindungi.   

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mau Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19 dari Rumah? Begini Caranya", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/01/12/084108826/mau-cetak-sertifikat-vaksin-covid-19-dari-rumah-begini-caranya.