Find Us On Social Media :
Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna merah. (SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO) (kompas.com)

Warna-warna Cat Dinding Ini Dapat Ganggu Kualitas Tidur, Apa Saja?

Oliver Doanatama Siahaan Kamis, 27 Januari 2022 | 22:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Dapat Tidur nyenyak tentu merupakan hal yang diinginkan setiap malam untuk mengisi kembali energi dan menyegarkan tubuh. Tapi, bagaimana bisa mewujudkan tidur nyenyak?

Apakah perlu mengganti kasur atau mematikan perangkat elektronik untuk membantu tidur? Ternyata, warna cat dinding kamar tidur punya mampu memengaruhi kualitas tidur Anda.

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Kamis (27/1/2022), menurut psikolog, warna cat dinding yang Anda pilih untuk dinding kamar tidur dapat secara signifikan memengaruhi pola tidur Anda.

Walaupun feng shui mungkin mengarahkan Anda untuk memilih warna merah untuk mewujudkan energi, ini adalah satu-satunya warna yang telah dikesampingkan oleh psikolog untuk dihindari dan dijaga seminimal mungkin.

Psikolog warna dan desainer holistik Suzy Chiazzari menjelaskan, warna hangat seperti merah, oranye, dan warna panas lainnya dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan detak jantung dan pergerakan otot.

Sementara itu, psikolog warna Lee Chambers mengatakan, warna merah tua benar-benar dapat membuat kita tetap waspada dan dapat membuat kita merasa tidak tenang, ketimbang merasa damai dan tenang.

Warna apa yang mungkin menjadi pilihan terbaik untuk dipilih?

Jawabannya adalah ungu. Sebuah studi baru-baru ini mensurvei pola tidur 1.000 warga Amerika Serikat untuk mengungkapkan bahwa hanya 12 perseb responden dengan dinding ungu mengaku mempunyai tidur malam yang buruk.

Dari berbagai warna ungu, pakar tidur dan penulis Christine Lapp merekomendasikan agar Anda mencari warna yang lebih biru daripada warna yang lebih merah muda.

"Ungu dikenal mewakili perdamaian. Oleh karena itu, warna ini memberikan rasa ketenangan dan memungkinkan tubuh untuk melepas lelah dan beristirahat dengan lebih mudah," kata Lapp.  

Menurut Lapp, biru adalah warna cat terbaik kedua untuk tidur, dikenal karena sifatnya yang menenangkan.

"Adapun merah muda cenderung menjadi warna yang paling cocok untuk mendorong kreativitas, menggairahkan otak, daripada menenangkannya," tutur dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Warna-warna Cat Dinding Ini Bisa Ganggu Kualitas Tidur, Apa Saja?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/27/125130476/warna-warna-cat-dinding-ini-bisa-ganggu-kualitas-tidur-apa-saja?page=all.