Find Us On Social Media :
Aktris Dian Sastrowardoyo usai diskusi IdeaFest 2021 di Mbloc, Jakarta Selatan, Jumat (26/11/2021). ((KOMPAS.com/ MELVINA TIONARDUS))

Dian Sastro Desak Kode Etik Mengikat, Pada Pelecehan Seksual di Industri Film

Ria Kusuma Astuti Senin, 7 Februari 2022 | 16:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Aktris Dian Sastrowardoyo menegaskan mengenai kekerasan seksual yang terjadi di sektor industri film Tanah Air. Melalui unggahan Instagram-nya, Dian Sastro menyebarkan undangan terbuka kepada seluruh anggota ekosistem perfilman Indonesia.

Tujuannya supaya bersama-sama berkomitmen dan mengedukasi diri untuk membangun ruang aman dari kekerasan seksual.

"Kenyataannya kekerasan seksual di ekosistem perfilman masih terus terjadi dan, tanpa kejelasan aturan, semua orang bisa menjadi pelaku atau korban," tulis Dian Sastro dalam undangan yang ia bagikan, dikutip Kompas.com, Senin (7/2/2022).


Menurutnya, selama ini tidak sedikit korban pelecehan seksual yang bungkam lantaran tidak ada sistem penanganan yang baik dan tidak berpihak.

Oleh sebab itu, Dian Sastro menganggap ini merupakan pekerjaan rumah setiap orang yang peduli untuk merumuskan dan memegang teguh etika berkarya.

Salah satunya, Dian Sastro berkata, dengan membuat dan menyepakati standar kerja untuk pencegahan pelecehan seksual dan mempermudah proses aduan korban.

Dia mengatakan, langkah nyata yang pihaknya sedang dan akan dilakukan seperti membuat pelatihan anti kekerasan seksual untuk anggota ekosistem.

"Menyusun dan mendorong yang akan ditandatangani seluruh institusi di bawah Badan Perfilman Indonesia (BPI)," tulis Dian Sastro. "Mendorong dibuatnya kode dan dewan etik, serta membuat mekanisme pengaduan baik di tingkat asosiasi profesi maupun di skala BPI," tambahnya.

Bagi Dian Sastro, salah satu cara untuk menciptakan ruang kerja yang aman dari kekerasan seksual dengan membuat kebijakan atau Standard Operating Procedure (SOP).

"SOP yang dibuat ditujukan untuk mengedukasi, mencegah, melindungi, dan menindak tegas laporan yang masuk," ucap Dian Sastro.

Dalam keterangan tertulis unggahan Instagram-nya, Dian Sastro mengajak guna berperan aktif dalam mendukung permasalahan tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pelecehan Seksual di Industri Film, Dian Sastro Desak Kode Etik Mengikat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/02/07/153425466/pelecehan-seksual-di-industri-film-dian-sastro-desak-kode-etik-mengikat.