Find Us On Social Media :
Max Verstappen menang pada seri terakhir Formula 1 (F1) 2021 di GP Abu Dhabi. (Photo by KAMRAN JEBREILI / POOL / AFP)(KAMRAN JEBREILI) (kompas.com)

Dampak dari Konflik Antara Rusia-Ukraina, Seri Formula 1 di Rusia Batal

Oliver Doanatama Siahaan Sabtu, 26 Februari 2022 | 21:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adanya Konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina mulai berdampak luas ke sektor beragam, salah satunya olahraga balap. Terkait ajang balap Formula 1 Grand Prix Rusia, dipastikan batal terlaksana tahun ini.

Dikutip dari Autocar.co.uk, Sabtu (26/2/2022), banyak yang mempertanyakan apakah balapan yang seharusnya digelar 25 September tersebut tetap akan dilakukan. Setelah invasi yang dilakukan Rusia, beberapa pebalap justru yang meminta untuk dibatalkan.

"Kejuaraan Dunia FIA Formula 1 mengunjungi negara-negara di seluruh dunia dengan visi positif untuk menyatukan orang, menyatukan bangsa. Kami menyaksikan perkembangan di Ukraina dengan kesedihan dan keterkejutan dan harapan untuk penyelesaian yang cepat dan damai untuk situasi saat ini," tulis pernyataan FIA.

"Pada Kamis malam, Formula 1, FIA, dan tim membahas posisi olahraga kami, dan kesimpulannya adalah, termasuk pandangan semua pemangku kepentingan terkait, bahwa tidak mungkin menggelar Grand Prix Rusia dalam situasi saat ini," sambungnya.

Sebelumnya, Sebastian Vettel juga telah mengungkapkan pendapat pribadinya. Menurutnya, salah bila tetap mengadakan balapan di negara tersebut.

"Saya minta maaf pada orang-orang, orang-orang yang tak bersalah yang kehilangan nyawanya, terbunuh untuk alasan bodoh di bawah kepemimpinan yang gila dan sangat aneh," kata Vettel.

Pernyataan tersebut juga didukung oleh prinsipal tim Red Bull Christian Horner. Menurutnya, tidak ada kemungkinan untuk bisa pergi ke Rusia dalam situasi seperti sekarang ini.

"Ini adalah masalah bagi badan pemerintah dan pemegang hak komersial yang bertanggung jawab, tapi seberapa besar hal-hal bisa berubah antara sekarang dan September?" ujar Horner.

Pebalap McLaren Lando Norris juga mengatakan bahwa tidak tepat untuk saat ini balapan di Sochi Autodrom.

Sampai saat ini belum dipastikan apakah jadwal Grand Prix Rusia akan digantikan dengan sirkuit lain pada tanggal yang sama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dampak dari Konflik Rusia-Ukraina, Seri Formula 1 di Rusia Batal", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/26/094200015/dampak-dari-konflik-rusia-ukraina-seri-formula-1-di-rusia-batal.