Find Us On Social Media :
Melakukan pengereman dengan menggunakan kaki kiri pada mobil matik dapat menimbulkan missed feeling.(Foto: Peugeot) (kompas.com)

Belajar Mobil Matik, Jangan Gunakan Kaki Kiri untuk Injak Pedal Rem

Oliver Doanatama Siahaan Selasa, 15 Maret 2022 | 20:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Kendaraan Mobil transmisi matik cuma memiliki dua pedal. Berbeda dengan transmisi manual yang memiliki pedal kopling untuk memindahkan tuas transmisi.

Meskipun hanya ada dua pedal, bukan berarti pengemudi bisa menggunakan dua kaki untuk mengoperasikan pedal sekaligus. Tidak hanya merusak kampas rem, kebiasaan ini ternyata juga berbahaya bagi pengemudi.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting menjelaskan, kaki kiri sebaiknya tidak stand-by di pedal rem.

"Demi keselamatan. Terutama bagi yang bsia mengendarai mobil manual, secara kaki kiri sudah ter-setting injak pedal kopling, di mana cara pengoperasian penginjakkan berbeda," ucap Roslianna pada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Meletakkan dua kaki pada pedal operasional juga meningkatkan kemungkinan salah injak pedal khususnya dalam keadaan panik.

Roslianna menjelaskan, kondisi ini juga bisa diminimalisisr dengan cara menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Sehingga, kaki tidak menginjak pedal operasional secara tiba-tiba atau mendadak.

"Jika panik, malah injak gas atau rem secara full. Sedangkan, dapat diminimalisisr dengan pandangan jarakjauh dan sekitar. Sehingga kita dapat melakukan observasi sekeliling kita dengan baik dan benar, dan emrespon apapun kejadian dengan tepat di waktu yang tepat," jelas dia.

Selain itu, Aftersales Support Astra Peugeot Samsudin mengatakan bahwa pengereman menggunakan kaki kiri dapat menimbulkan missed feeling bagi pengemudi.

"Selain itu, pengemudi juga dapat secara tidak sengaja menginjak pedal rem dan gas di saat yang bersamaan. Hal ini dapat mempersingkat usia komponen seperti clutch pada transmisi otomatis," kata Samsudin.

Sistem operasional pedal pada mobil matik juga berbeda dengan mobil manual, di maan kaki kiri dan kanan memang harus lebih aktif menekan pedal saat akan berpindah transmisi.

Kalau hal serupa diterapkan pada mobil matik, dikhawatirkan mobil dapat berhenti mendadak karena penginjakkan pedal gas dan rem yang dilakukan secara bersamaan.

Maka, pengemudi mobil matik disarankan untuk selalu menggunakan kaki kanan saja, untuk bergantian menekan pedal gas dan rem.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belajar Mobil Matik, Jangan Pakai Kaki Kiri untuk Injak Pedal Rem", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/15/131200515/belajar-mobil-matik-jangan-pakai-kaki-kiri-untuk-injak-pedal-rem.