Find Us On Social Media :
ilustrasi mangga. ( shutterstock/diy13)

Agar Tidak Mudah Busuk, Berikut Ini Cara Menyimpan Buah Mangga

Julisna Ruswan Sabtu, 18 Juni 2022 | 14:50 WIB

SonoraBangka.id - Cara menyimpan mangga matang berbeda dengan mangga mentah. Jika biasanya mangga mentah harus diperam di ruang bersuhu hangat, mangga matang justru sebaliknya. Peneliti di Pusat Kajian Hortikultura Tropika IPB, Sobir menuturkan bahwa cara menyimpan mangga matang harus tepat. Pasalnya, mangga matang akan mudah menghitam dan busuk jika disimpan di tempat yang salah. Selengkapnya, simak dua cara menyimpan mangga agar tidak busuk berikut ini.

1. Simpan mangga matang utuh di ruang bersuhu dingin

Sobir mengatakan, buah tropis termasuk mangga harus disimpan di ruang sejuk atau dingin untuk menjaga kualitasnya. "Bisa disimpan di suhu ruang 16-18 derajat celsius. Dingin tetapi tidak terlalu dingin. Gak bisa langsung disimpan di kulkas karena terlalu dingin," kata Sobir. Ketahanan mangga matang utuh yang disimpan di ruang dingin berbeda-beda. Menurut Sobir, cara ini kemungkinan mampu memperpanjang masa simpan mangga hingga tiga atau empat hari ke depan. "Tidak sampai seminggu karena kita juga kan tidak tahu sudah berapa lama mangganya ada di pasar. Tidak bisa memberikan batasan maksimal karena tingkat kematangannya berbeda," ujar Sobir.  

2. Simpan mangga potong di kulkas

Jika ingin menyimpan mangga di kulkas, pastikan untuk mengupas buah manis ini terlebih dulu. "Sebab selama belum dikupas, dia masih akan terjadi proses metabolisme. Kalau sudah dikupas, metabolismenya berhenti," kata Sobir. Suhu kulkas untuk menyimpan mangga yang disarankan oleh sobir adalah 4-10 derajat celsius. Kamu bisa mengupas mangga, lalu memotongnya, memasukkan ke dalam wadah bersih dan kedap udara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Simpan Mangga agar Tidak Busuk, Jangan Taruh Tempat Hangat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/06/17/170600475/2-cara-simpan-mangga-agar-tidak-busuk-jangan-taruh-tempat-hangat?page=all#page2.