Find Us On Social Media :
Ilustrasi pisang kapik khas Bukittinggi, Sumatera Barat. ( Dok. Shutterstock/VONI-MF)

Rasanya Manis Dan Legit, Berikut Ini Cara Membuat Pisang Kapik

Julisna Ruswan Minggu, 31 Juli 2022 | 11:09 WIB

SonoraBangka.id - Kamu pernah mencoba pisang kapik? Jajanan khas Minangkabau yang satu ini termasuk mudah ditemui di Bukittinggi, Sumatera Barat.  Nama pisang kapik menjelaskan proses pembuatannya, yaitu di-kapik atau dijepit hingga bentuk pisang menjadi gepeng. Pisang yang digunakan untuk membuat pisang kapik biasanya pisang kepok, karena rasanya manis dan bertekstur empuk. Pisang kapik rasanya manis serta lezat disantap dengan perpaduan kelapa parut dan gula merah sebagai topping.  Makanan khas Sumatera barat ini biasanya nikmat disantap dalam keadaan hangat saat cuaca hujan.  Coba bikin pisang kapik ini di rumah, resepnya bisa dilihat di buku "70 Resep Masakan Minang Hits di Instagram Ala Cheche Kitchen 80.000+ Followers" (2020) karya Mince Sriwati terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut.

Resep pisang kapik

Bahan pisang kapik:

5 buah pisang (kupas)

Garam secukupnya

Kelapa parut secukupnya (ambil bagian putih)

100 gram gula merah (sisir)

1 lembar daun pandan

Margarin secukupnya

Cara membuat pisang kapik:

1. Masak kelapa parut, garam, gula merah, dan daun pandan di dalam panci hingga warna kelapa berubah menjadi kecoklatan. Angkat dan sisihkan.

2. Bakar pisang dengan sedikit margarin di atas teflon hingga bagian luar pisang berubah warna menajdi kecoklatan. Setelah itu angkat dan geprek pisang hingga bentuknya pipih.

3. Sajikan pisang kapik dengan taburan kelapa parut sebagai topping.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Pisang Kapik Khas Bukittinggi, Rasanya Manis dan Legit", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/07/25/180500275/resep-pisang-kapik-khas-bukittinggi-rasanya-manis-dan-legit.