Find Us On Social Media :
Paket bahan makanan untuk shabu-shabu di All You Can Eat Washoku Sato. (KOMPAS.com/Miftahul Rizky)

Sama-Sama Hidangan Berkuah, Lalu Apa Beda Shabu-Shabu Dan Steamboat?

Julisna Ruswan Selasa, 31 Januari 2023 | 21:21 WIB

SonoraBangka.id - Shabu-shabu dan steamboat merupakan hidangan berkuah yang sekilas terlihat mirip. Kedua makanan ini berasal dari negara berbeda. Shabu-shabu berasal dari Jepang, sementara steamboat merupakan hidangan dari China. Direktur Indosato Jaya Makmur Tomoki Nakano dibantu oleh Supervisor Operational Washoku Sato sekaligus penerjemah Andreyas Crystivian Dani, menjelaskan perbedaan shabu-shabu dan steamboat. "Kalau steamboat, semua bahan makanannya langsung direbus menjadi satu. Mulai dari sayuran sampai udang," kata Nakano saat ditemui Kompas.com di Washoku Sato Batu Tulis, Rabu (25/1/2023). Berbeda dengan steamboat, bahan makanan untuk shabu-shabu akan dimasukkan satu per satu, mulai dari tekstur yang paling keras hingga lunak.

Biasanya dimulai dari sawi putih dan wortel. Sayuran ini dimasukkan ke dalam kuah shabu-shabu yang sudah mendidih. Kemudian, dilanjut dengan tahu dan jamur. Bahan makanan yang dipakai dalam steamboat dan shabu-shabu juga berbeda. Nakano mengatakan, shabu-shabu asli Jepang hanya terdiri dari kuah, sayur dan dua jenis saus, yakni ponzu dan goma tare. Namun, shabu-shabu yang ada di Indonesia saat ini memiliki lebih banyak isian, sesuai dengan selera orang Indonesia. Ada bakso, daging, hingga chikuwa. "Jadi nama shabu itu menunjukkan cara bolak-balik daging atau sayuran di dalam kuah kaldunya. Cukup satu kali bolak-balik saat dicelupkan ke kuah, makanya disebut shabu-shabu," jelas Nakano. Mirip dengan shabu-shabu di Indonesia, isian steamboat juga terdiri dari sayuran dan aneka bakso. Hanya saja, lebih beragam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Bedanya Shabu-shabu dan Steamboat?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/01/27/171000975/apa-bedanya-shabu-shabu-dan-steamboat.
Penulis : Krisda Tiofani
Editor : Silvita Agmasari

Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6