Find Us On Social Media :
Ilustrasi bingka singkong telfon. (DOK.SHUTTERSTOCK/Hanifah Kurniati)

Cocok Untuk Takjil, Berikut Cara Membuat Bingka Singkong Teflon

Julisna Ruswan Sabtu, 8 April 2023 | 17:14 WIB

SonoraBangka.id - Bingung mau bikin menu takjil apa di rumah? Kamu bisa coba resep bingka singkong teflon yang satu ini.  Bahan membuatnya hanya enam, di antaranya ada singkong parut, gula, dan telur. Selain itu, kamu perlu menyiapkan teflon atau wajan antilengket bersih.  Simak cara membuat bingka teflon untuk takjil dari buku "30 Resep Kreasi Kue untuk Snack Box" (2023) oleh Sylvia Norma Yunita terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep bingka singkong teflon

Bahan 

850 gram singkong parut

230 gram gula pasir

2 butir telur

1 sdt garam 

400 ml santan 

100 gram margarin

Cara membuat bingka singkong teflon

1. Rebus santan sampai mendidih, angkat dan biarkan suhunya dingin. Siapkan wadah kemudian masukkan singkong parut, gula, garam, dan telur yang sudah dikocok. Aduk sampai rata. 

2. Masukkan margarin yang sudah dilelehkan, aduk kembali. Siapkan teflon, olesi dengan margarin, kemudian tuang adonan ke dalamnya. Tuang adonan sampai penuh. 

3. Tutup teflon, masak dengan api kecil selama 20 menit. Setelah 20 menit, balikkan adonan. Tutup teflon dan panggang kembali selama 15 menit. 

4. Buka tutup teflon kemudian olesi bagian atasnya dengan madu. Aduk adonan kemudian tutup dan panggang selama 5 menit. Kalau kedua sisinya berwarna cokelat dan matang, angkat dan sajikan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Bingka Singkong Telfon Antigagal, Cocok untuk Takjil", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/04/07/090700875/resep-bingka-singkong-telfon-antigagal-cocok-untuk-takjil.