Find Us On Social Media :
PT PLN memastikan SPKLU di sepanjang jalur utama mudik 2023 siap melayani kebutuhan pengisian baterai atau charging cepat pengguna mobil listrik.(ANTARA FOTO/Nova Wahyudi) (KOMPAS.COM)

Modal Untuk Bikin SPKLU Kerja Sama dengan PLN

Oliver Doanatama Siahaan Senin, 22 Mei 2023 | 17:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah terus mendorong percepatan tren kendaraan listrik termasuk sepeda motor listrik, mulai insentif pembelian motor listrik baru hingga pembangunan infrastruktur.

Salah satu yang terus dibangun ialah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Wilfrid Sahat P. Siregar, Senior Officer Direktorat Retail dan Niaga PLN, mengatakan, khusus untuk mempercepat tersebarnya SPKLU, PLN mengajak pihak swasta ikut berinvestasi membuat SPKLU.

Wilfrid mengatakan, ada tiga skema yang ditawarkan, tetapi semuanya sama yaitu dengan sistem kerja sama.

"Tergantung ada tiga tipe, Anda punya lahannya PLN yang beli (kasih) semua, kemudian (punya) lahan dan punya mesin juga bisa, nanti aplikasinya didonlotkan ke situ, atau (punya) semuanya jadi PLN hanya menjual listriknya untuk SPKLU," ujar Wilfird di JIExpo, Kemayoran pekan lalu.

Wilfrid mengatakan, untuk modal bervariasi, tetapi untuk mesin SPKLU paling murah yaitu slow charging mulai dari Rp 50 jutaan. Adapun yang termahal yaitu ultra fast charging bisa mencapai Rp 1 miliar.

"Modalnya nanti ada perubahan karena kemarin itu shelternya (mahal), kalau ke depan kita mengubah tidak memakai shelter seperti memakai stand alone bisa lebih murah dikatakan Rp 200 jutaan," kata Wilfrid.

"Tergantung kapasitas yang mau kita pasang misal slow charging atau medium charging atau ultra fast charging itu yang paling mahal itu bisa Rp 1 miliar mesinnya, jadi tergantung konsumen," kata dia.

"(Harga) Rp 200 juta yang medium, mesinnya (berdaya) 25 Kw ke atas, ini slow charing lebih murah bisa Rp 50 juta-Rp 60 juta kurang lebih nanti bisa ada skemanya," kata Wilfrid.

Wilfrid mengatakan, PLN berkomitmen untuk terus menambah jumlah SPKLU di Tanah Air. Sebab, hambatan paling besar peralihan kendaraan konvensional ke listrik saat ini ialah keraguan masyarakat terhadap jarak tempuh dan durasi waktu pengisian baterai.

"Komitmen kami dan kami telah membangun 161 SPKLU di seluruh Indonesia. Terakhir kami support untuk KTT Asean Summit, di Labuan Bajo, kami bangun 108 SPKLU yang ada di sana mulai dari slow charging sampai ultra fast charging," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Modal Bikin SPKLU Kerja Sama dengan PLN", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/22/114200215/modal-bikin-spklu-kerja-sama-dengan-pln.