Find Us On Social Media :
Ilustrasi Pemkot Pangkalpinang usulkan rekrutmen PPPK 2023, Di antaranya untuk formasi tenaga pendidik atau guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis (Istimewa)

Pemkot Pangkalpinang Usulkan 273 Formasi PPPK Guru, Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis

Riska Tri Handayani Rabu, 14 Juni 2023 | 16:39 WIB

SonoraBangka.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas mengatakan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2023 akan dibuka pada September mendatang.

Pembukaan seleksi akan dilakukan setelah formasi untuk CPNS ditetapkan secara resmi, pemerintah akan membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) lebih dari 1 juta formasi pada tahun ini.

Dengan demikian, ratusan formasi calon aparatur sipil negara (CASN) kembali diusulkan oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung pada 2023 ini.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Pangkalpinang Fahrizal, mengatakan pihaknya sudah mengusulkan sebanyak 273 formasi PPPK ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dan hingga kini masih menunggu berapa usulan formasi yang disetujui.

"Untuk daerah semuanya pada tahun ini PPPK dari jumlah formasi yang diajukan tersebut dibagi ke dalam tiga kategori. Di antaranya tenaga pendidik atau gurutenaga kesehatan dan tenaga teknis, dan formasi yang diusulkan paling banyak yakni untuk PPPK guru SD dan SMP," sebut Fahrizal kepada Bangkapos.com, Rabu (14/6/2023).

Diakuinya, formasi gurutenaga kesehatan hingga tenaga teknis setiap tahunnya memang paling dibutuhkan di Kota Pangkalpinang.

"Memang guru dan kesehatan merupakan pelayanan dasar ya. Kemudian setiap tahun guruguru ini terus berkurang, banyak guru kita yang pensiunnya berbarengan jadi formasi guru memang beberapa tahun terkahir sangat dibutuhkan," tuturnya.

Fahrizal menambahkan, pihaknya juga sudah melakukan persiapan untuk proses pelaksanaan seleksi CPNS 2023.

"Kami sudah menyiapkan anggarannya, kemudian proses persiapan teknis seperti tempat pelaksanaan tes dan banyak lagi. Pada intinya sekarang kita masih menunggu dulu berapa formasi yang disetujui Menpan RB," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Pemkot Pangkalpinang Usulkan 273 Formasi PPPK Guru, Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis, https://bangka.tribunnews.com/2023/06/14/pemkot-pangkalpinang-usulkan-273-formasi-pppk-guru-tenaga-kesehatan-dan-tenaga-teknis.