Find Us On Social Media :
Ilustrasi soun goreng sayuran dan udang untuk lauk makan praktis. (DOK.SHUTTERSTOCK/aniestia n)

Pakai Bumbu Sederhana, Berikut Ini Cara Membuat Orak-Arik Suun

Julisna Ruswan Rabu, 27 September 2023 | 14:32 WIB

SonoraBangka.id - Mi suun biasanya disajikan dalam makanan berkuah seperti sop maupun bakso. Kali ini kamu dapat mengolah suun dengan cara diorak-arik bersama bahan kol, udang, telur ayam, bawang putih, merica bubuk, garam, dan penyedap rasa.

Simak resep orak-arik suun dengan bumbu sederhana, dikutip dari buku "1 Menu Sehat 2 Hidangan Lezat Untuk 30 Hari Masakan Tanpa Daging" (2013) karya Julie Sutarjana (Nyonya Rumah) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep orak-arik suun

Bahan:

1 piring kol, diiris halus

25 gram suun

25 gram udang

3 butir telur ayam, dikocok dengan sedikit garam

2 siung bawang putih, memarkan

Merica bubuk, garam, dan bumbu penyedap secukupnya

3 sdm minyak kelapa

Cara membuat orak-arik suun:

1. Bawang putih diiris-iris halus, tumis sampai kuning, lalu masukkan udang yang telah dikupas dan dipotong-potong kasar, bubuhi garam dan merica secukupnya. Masukkan kol, aduk-aduk terus sampai kol layu (kira-kira 1/2 matang).

2. Masukkan suun yang telah direndam air dan dipotong-potong, masukkan telur kocok, aduk-aduk agar rata. Jika telur sudah kering, angkat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Orak-arik Suun dengan Bumbu Sederhana", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/26/190500375/resep-orak-arik-suun-dengan-bumbu-sederhana.