Find Us On Social Media :
Ilustrasi wedang serai jahe. (Dok. Shutterstock/Dionisvera)

Cara Membuat Wedang Serai Kolang Kaling, Minuman Hangat Bila Tidak Enak Badan

Julisna Ruswan Sabtu, 13 Juli 2024 | 08:38 WIB

SonoraBangka.id -  Penting untuk menyiapkan asupan yang menghangatkan ketika tubuh sedang tidak fit. Selain berobat ke dokter, kamu juga bisa mengonsumsi wedang supaya badan cepat pulih. Cara membuat wedang termasuk mudah,  resepnya bisa ditiru dalam buku "Segarnya Minuman Ala Cafe" karya Wulan Sucipto dan Ike K. Hermawan (2014) terbitan Kriya Pustaka. Beberapa bahan yang dibutuhkan cukup gampang ditemui di pasaran, seperti serai, jahe, dan kolang kaling. Simak cara membuatnya berikut ini. 

Resep wedang kolang kaling 

Bahan wedang kolang kaling:

1.200 ml air bersih

8 batang serai (memarkan)

2 lembar daun pandan

50 gr jahe (bakar dan memarkan)

200 gr gula pasir

1/4 sdt garam

200 gr kolang kaling (belah 2 bagian) 

 Cara membuat wedang serai kolang kaling:

1. Rebus air di dalam panci bersama serai, daun pandan, dan jahe menggunakan api kecil hingga harum dan mendidih. Setelah itu saring rempah yang dipakai. 

2. Didihkan kembali rebusan air rempah bersama gula pasir, garam, dan kolang kaling sampai matang dan meresap. Setelah itu angkat dan sajikan wedang selagi hangat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Wedang Serai Kolang Kaling, Minuman Hangat Bila Tidak Enak Badan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/07/12/100000175/resep-wedang-serai-kolang-kaling-minuman-hangat-bila-tidak-enak-badan.