Find Us On Social Media :
Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kecamatan Lubuk Besar (Diskominfosta Bangka Tengah)

PKK Desa Trubus Raih Juara 1 Lomba Masak Ikan Saat Adu Menu TTC

Riska Tri Handayani Jumat, 16 Agustus 2024 | 09:02 WIB

SonoraBangka.id - Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kecamatan Lubuk Besar digelar oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Lubuk Besar gelar dengan mengusung tema Menu Masakan TTC (Tuna, Tongkol, Cakalang) untuk Menyehatkan Masyaraka, Mencegah Stunting, dan Mercerdaskan Anak, bertempat di GSG Lubuk Besar, Selasa (13/08/2024).

Festival lomba masak dengan memperlombakan olahan ikan tuna, tongkol, dan cakalang ini diikuti oleh PKK Desa se-Kecamatan Lubuk Besar.

Hadir dalam kegiatan ini Eva Algafry selaku Ketua TP-PKK Bangka Tengah (Bateng) didampingi Wakil Ketua I, Maya Dwie Era, dan para juri lomba masak ikan dari TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah, mencicipi langsung olahan ikan yang disajikan para peserta.

Dalam sambutannya, Eva Algafry mengatakan bahwa kegiatan yang diadakan ini diharapkan dapat meningkatkan kekompakan para kader PKK selain sebagai ajang silaturahmi. Dengan silaturahmi yang terjalin, diharapkan para kader antar desa selalu bersinergi dan berbagi informasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Kami memberikan apresiasi kepada pemerintah desa yang sudah ikut berpartisipasi hari ini. Tadi ada empat desa yang mengikuti dan kami mengucapkan selamat kepada peserta yang juara. Pada dasarnya mereka semua adalah juara karena sudah berani untuk tampil. Terima kasih juga kepada pihak Kecamatan Lubuk Besar serta PKK Kecamatan yang sudah ikut berkontribusi," ucapnya.

Disampaikan Eva Algafry bahwa menu yang diolah sangatlah kreatif seperti menu khusus balita, kudapan, dan menu keluarga, semuanya dari olahan serba ikan tuna, tongkol, dan cakalang.

"Tadi kita lihat olahan ikannya sangat bervariasi seperti Seganting (Sempol Cegah Stanting), Sarikol (Sarden Ikan Tongkol), Tokek (Tongkol Kemangi), Odake (Otak Daun Kelapa), Diba Tiri (Dimsum Kembang Tahu Ikan Tenggiri) dan banyak lagi menu lainnya. Semoga menu ini bisa kita tiru sebagai ide menu keluarga di rumah. Kami juga menghimbau dan mengajak desa-desa yang lain yang belum berkesempatan untuk ikut hadir dan mengikuti lomba hari ini dapat ikut gabung di kegiatan selanjutnya," lanjutnya.

Saat ditemui di tempat yang sama, Yulita selaku Ketua TP-PKK Kecamatan Lubuk Besar berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat dengan berbagai macam olahan.

"Dengan adanya kegiatan lomba masak serba ikan ini, semoga warga lubuk Besar bisa lebih sering makan ikan, agar tubuh  sehat, cerdas, dan anak-anaknya lebih kuat. Saya ucapkan selamat kepada Desa Trubus yang telah berhasil meraih juara 1, saya harapkan nanti di tingkat Kabupaten juga bisa meraih juara satu lagi hingga ke tingkat provinsi dan nasional," pungkasnya.

Nah, untuk lomba kali ini PKK Desa Trubus berhasil meraih juara 1, juara 2 diraih Desa Kulur, dan juara 3 Desa Lubuk Pabrik, dengan juara harapan 1 Desa Lubuk Besar.

Artikel ini telah terbit di https://bangkatengahkab.go.id/berita/detail/kominfo/adu-menu-ttc-pkk-desa-trubus-raih-juara-1-lomba-masak-ikan