Find Us On Social Media :
Ilustrasi cabai, cabai merah. (FREEPIK/JCOMP)

Berikut 4 Cara Hilangkan Rasa Panas di Tangan Setelah Memotong Cabai

Julisna Ruswan Kamis, 12 September 2024 | 06:38 WIB

SonoraBangka.id -  Cabai selain pedas rasanya juga bisa membuat panas seperti terbakar pada kulit tangan. Cabai memiliki minyak alkaloid capsaicin, minyak ini akan menyebar seperti api di sepanjang apapun yang tersentuh. Cara mengatasi rasa terbakar akibat cabai bisa dengan memakai sarung tangan ketika memotong cabai. Simak cara hilangkan rasa panas di tangan setelah memotong cabai, dikutip dari laman Allrecipes.com. 

1. Susu

Susu dipercaya dapat mengatasi rasa pedas setelah menyantap makanan pedas. Kamu juga bisa menggunakannya untuk merendam tangan yang terkena cabai. Paus Fransiskus Tiba di Timor Leste Artikel Kompas.id Rendam sampai tangan sudah tidak terasa panas. Baca juga: Tips Brokoli Lebih Enak dan Segar, Hanya dengan Satu Bahan

2. Yoghurt

Yoghurt dapat mengatasi rasa terbakar di tangan dengan cara menuangkan yoghurt di mangkuk, rendam tangan selama satu jam. 

3. Minyak

Minyak bisa menjadi bahan untuk menghilangkan rasa terbakar akibat cabai. Cuci tangan dengan minyak sayur sampai cabai larut dalam minyak. Minyak dapat menjadi pengganti air sehingga membantu membersihkan residu pedas. 

4. Baking soda

Hampir semua orang mempunyai baking soda, campurkan larutan soda kue dan air kemudian rendam tangan di pasta soda kue. Setelah pasta mengering, cuci bersih bersama. Setelah itu ulangi sesuai kebutuhan sampai tangan tidak terasa panas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Hilangkan Rasa Panas di Tangan Setelah Memotong Cabai", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/09/10/222639575/4-cara-hilangkan-rasa-panas-di-tangan-setelah-memotong-cabai.