Find Us On Social Media :
Ilustrasi telinga berdengung (SHUTTERSTOCK/Orawan Pattarawimonchai )

Telinga Berdengung Terus Menerus? Ini 7 Cara Mengatasinya Secara Alami

Riska Tri Handayani Senin, 16 September 2024 | 15:03 WIB

SonoraBangka.id - Dengung yang muncul di telinga umumnya bukan merupakan masalah kesehatan yang serius karena bisa hilang dengan sendirinya.

Ada beberapa cara mengatasi telinga berdengung terus menerus secara alami yang bisa menjadi pilihan perawatan aman untuk kita lakukan.

Penyebab telinga berdengung tidak diketahui secara pasti, namun sering dikaitkan dengan gangguan pendengaran dan masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes dan depresi.

Dengung yang muncul di telinga umumnya bukan merupakan masalah kesehatan yang serius karena bisa hilang dengan sendirinya.

Meski begitu, banyak orang yang jengkel, stres, susah tidur, atau susah konsentrasi ketika telinga berdengung terus-menerus.

Kita bisa mencoba beberapa langkah berikut secara alami untuk mengatasi telinga berdengung terus menerus.

Seorang dokter terkenal telah menemukan metode menghilangkan rasa sakit pada lutut dan persendian.
 
Melansir Kompas.com dari Mayo Clinic dan NHS, ada beberapa cara menghilangkan dengung di telinga secara alami yang bisa dicoba, di antaranya seperti berikut.
  1. Mencoba untuk rileks dengan melakukan latihan pernapasan atau yoga
  2. Memutar white noise atau bunyi yang menenangkan ketika suasana terlalu sepi, seperti dari kipas angin, musik yang lembut, atau suara radio
  3. Menggunakan pelindung telinga untuk mengurangi paparan suara yang keras dan mencegah kerusakan saraf di dalam telinga
  4. Mendengarkan lagu atau musik dengan volume yang rendah, khususnya jika menggunakan earphone
  5. Membatasi konsumsi minuman beralkohol, kafein, dan nikotin, karena bisa berdampak negatif pada aliran darah sehingga memperburuk kondisi yang dialami
  6. Melakukan kegiatan lain, seperti hobi, sehingga tidak terfokus dengan suara berdenging yang muncul.
  7. Membersihkan kotoran yang kemungkinan menyumbat saluran telinga.

Perlu diingat, telinga berdengung bukanlah suatu penyakit.

Tapi, gejala dari suatu masalah kesehatan atau kondisi tertentu.

Untuk mengetahui penyebab kuping berdenging secara pasti, lakukan pemeriksaan ke dokter.

Nah, unutk masalah kesehatan ini bisa diketahui dengan pemeriksaan fisik, mengecek riwayat kesehatan, tes pendengaran, pemeriksaan gendang telinga, sampai tes MRI atau sinar X.

Artikel ini telah terbit di https://nova.grid.id/read/054024176/7-cara-mengatasi-telinga-berdengung-terus-menerus-secara-alami