Find Us On Social Media :
Mobil listrik Toyota bZ3C(Dok. Carnewschina.com) (KOMPAS.COM)

Wujud dan Spesifikasinya Bocor, Toyota bZ3C Siap Untuk Meluncur di China

Oliver Doanatama Siahaan Selasa, 17 September 2024 | 18:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Toyota dikabarkan akan segera meluncurkan mobil listrik terbarunya. Belum lama ini, dikabarkan bahwa pabrikan Jepang tersebut sudah mendaftarkan bZ3C di China.

Dikutip dari Carnewschina.com, Senin (16/9/2024), versi produksi dari Toyota bZ3C serba listrik terungkap saat mengajukan izin penjualan di China. Disebutkan bahwa motor listrik dan baterainya bersumber dari BYD.

Mobil listrik ketiga Toyota ini rencananya diproduksi di pabrik patungan FAW-Toyota di Tianjin. Produksinya baru dimulai semester IV 2024.

Untuk diketahui, setiap mobil yang akan dipasarkan di China harus disetujui oleh regulator setempat. Kementerian Industri dan Teknologi Informasi di China nantinya akan menerbitkan daftar kendaraan yang telah melalui proses homologasi setiap bulannya.

Tapi, para produsen mobil tidak senang dengan regulasi ini. Sebab, data tersebut mengungkapkan gambar dan spesifikasi versi produksi dari mobil yang belum diluncurkan secara resmi.

Toyota bZ3C merupakan SUV listrik 4-pintu yang dapat menampung lima penumpang. Secara desain eksterior, mobil ini mirip dengan Prius.

Untuk dimensinya, bZ3C disebutkan memiliki panjang 4.780 mm, lebar 1.866 mm, tinggi 1.510 mm, dan jarak sumbu roda 2.880 mm. Beratnya mencapai 1.920 kg dan tersedia dua pilihan roda, yakni ukuran 18 inci dan 21 inci.

SUV listrik ini akan dibekali motor listrik tunggal dari BYD. Tenaganya disebutkan mencapai 200 kW atau setara dengan 268 TK. Namun, untuk kecepatan maksimumnya dibatasi menjadi 160 kilometer per jam.

Baterainya mengandalkan Lithium Ferro Phosphate dari FinDreams yang juga anak perusahaan dari BYD. Sayangnya, tidak disebutkan berapa kapasitas baterainya. Tapi, diperkirakan jarak tempuhnya ada di kisaran 500 km hingga 600 km.

Sebelum bZ3C meluncur, saat ini sudah ada dua mobil listrik Toyota yang mengaspal di China, yakni bZ4X dan bZ3. Kabarnya, bZ4C akan diperkenalkan pada akhir tahun ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wujud dan Spesifikasinya Bocor, Toyota bZ3C Siap Meluncur di China", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/17/104200215/wujud-dan-spesifikasinya-bocor-toyota-bz3c-siap-meluncur-di-china.