Find Us On Social Media :
Ilustrasi kick starter alias starter engkol(Dok. Suzuki) (KOMPAS.COM)

Penyebab Motor Sulit Untuk Dihidupkan meski Sudah Pakai Kick Starter

Oliver Doanatama Siahaan Kamis, 19 September 2024 | 18:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kick starter atau starter engkol merupakan salah satu komponen untuk menghidupkan mesin motor. Dengan alat ini, pengendara masih bisa menyalakan motor tanpa mengandalkan electric starter yang bergantung pada aki.

Meski begitu, menghidupkan mesin motor sering kali menemui kendala. Kondisi di mana motor tetap enggan menyala walau sudah menggunakan starter engkol.

“Metode engkol atau kick starter dapat menjadi solusi apabila terjadi kendala pada sistem electric starter sepeda motor Honda,” ujar Wahyu Budhi, Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati, dalam keterangan resmi, Rabu (18/9/2024).

“Meski jarang digunakan, konsumen tetap perlu untuk memperhatikan komponen ini sehingga tetap dapat berfungsi dalam keadaan darurat sekalipun,” kata dia.

Wahyu menjelaskan, umumnya ada beberapa penyebab motor sulit dihidupkan dan membutuhkan kick starter.

Pertama karena sistem pengapian bermasalah. Menurutnya, sistem pengapian pada kendaraan bermotor perlu perhatian lebih.

Terutama pada bagian busi, kabel pengapian atau CDI, karena komponen tersebut memiliki tugas utama untuk menghasilkan api di ruang bakar.

Kemudian, klep motor macet. Bila komponen bermasalah, klep tidak dapat terbuka atau menutup sempurna sehingga bahan bakar tidak mengalir dengan optimal ke ruang mesin.

Lalu karburator yang bermasalah. Seperti diketahui, karburator miliki fungsi untuk mencampurkan udara dan bahan bakar di ruang mesin.

“Apabila komponen tersebut kotor atau rusak maka aliran bahan bakar akan terganggu,” ucap Wahyu.

Penyebab motor tidak mau menyala juga disebabkan karena filter udara yang kotor. Kondisi ini menyebabkan campuran udara dan bahan bakar tidak optimal serta mempengaruhi kualitas pembakaran di ruang mesin.

Terakhir adalah kondisi aki yang melemah, karena terus-terusan dipakai sampai drop. Bila sudah begini, solusinya aki harus dicas atau ganti baru.

“Aki yang mengalami kendala akan membuat daya listrik tidak dapat mengalir dengan maksimal sehingga sepeda motor akan sulit dihidupkan,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penyebab Motor Sulit Dihidupkan meski Sudah Pakai Kick Starter", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/19/062200215/penyebab-motor-sulit-dihidupkan-meski-sudah-pakai-kick-starter.