Find Us On Social Media :
pelaksanaan konvergensi penurunan stunting di Ruang Pertemuan Kantor Camat Namang, Kamis (19/09/2024). (Diskominfosta Bangka Tengah)

Turun ke Tiap Kecamatan, TPPS Bateng Lakukan Konvergensi Penurunan Stunting

Riska Tri Handayani Jumat, 20 September 2024 | 11:44 WIB

SonoraBangka.id - Aksi konvergensi percepatan pencegahan stunting adalah intervensi yang dilakukan secara terkoordinir, terpadu dan bersama-sama menyasar kelompok sasaran prioritas yang tinggal di lokasi sasaran untuk mencegah stunting.

Berdasarkan PERPRES RI Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, bahwa percepatan penurunan stunting dilaksanakan secara holistik, integratif dan berkualitas melalui koordinasi, sinergi dan sinkronisasi pemerintah daerah kabupaten, kecamatan, pemerintah desa dan mitra kerja, dengan ini dilaksanakan rapat koordinasi untuk memetakan permasalahan dan pembahasan rencana tindak lanjut pelaksanaan konvergensi penurunan stunting di Ruang Pertemuan Kantor Camat Namang, Kamis (19/09/2024).

Hadir membuka kegiatan, Wakil Bupati Bangka Tengah, Era Susanto, dalam hal ini selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Bangka Tengah, didampingi Sekretaris Daerah, Sugianto, selaku Wakil Ketua 1 TPPS Bateng, dan Kepala DPPKBP3A Bateng, Dede Lina Lindayanti selaku Sekretaris TPPS.

"Terima kasih atas kehadirannya, kegiatan ini memang bertujuan untuk memperkuat kapasitas Kabupaten Bangka Tengah dalam aksi konvergensi percepatan penurunan dan pencegahan stunting melalui intervensi spesifik dan sensitif," ucap Era.

Menurutnya, dalam merencanakan program percepatan penurunan stunting, perlu adanya analisis situasi agar lebih tepat sasaran dan tepat anggaran.

"Untuk itu, koordinasi dan intervensi harus semakin ditingkatkan secara kontinyu. Intervensi ini tidak hanya dilakukan oleh sektor kesehatan saja, namun telah menjadi tugas kita bersama baik sebagai penyedia pangan yang bergizi, kualitas sanitasi, serta hal lainnya dalam mendukung pencegahan penurunan stunting," pungkasnya.

Sebelumnya, kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan di dua kecamatan yang ada di Bangka Tengah, yakni Kecamatan Koba, dan Lubuk Besar. Selanjutnya, rakor ini juga akan dilaksanakan di Kecamatan Simpang Katis, Sungaiselan, dan Pangkalanbaru.

Para narasumber antara lain, Sekda Bateng, Sugianto, selaku Wakil Ketua 1 TPPS Bateng, Dede Lina Lindayanti, Kepala DPPKBP3A Bateng selaku Sekretaris TPPS, serta Joko Triadhi, Kepala Bappelitbangda Bateng selaku Wakil Ketua II TPPS, menyampaikan materi-materi antara lain mengenai capaian percepatan penurunan stunting seperti prevalensi stunting di Kabupaten Bangka Tengah berdasar kan data E-PPGBM 2024, keluarga berisiko stunting Kabupaten Bangka Tengah, serta dukungan kebijakan/regulasi dalam pelaksanaan aksi konvergensi sekaligus rencana tindak lanjutnya.

Nah turut hadir, Tenaga Gizi Puskesmas Namang, Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Namang, Kepala KUA Kecamatan Namang, PKB/PLKB Kecamatan Namang, TA Satgas Stunting Kabupaten Bangka Tengah, Ketua TP PKK Kecamatan Namang, serta Kader TPK se-Kecamatan Namang.

Artikel ini telah terbit di https://bangkatengahkab.go.id/berita/detail/kominfo/tpps-bateng-turun-ke-tiap-kecamatan-lakukan-konvergensi-penurunan-stunting-