Find Us On Social Media :
Ganti ban mobil merupakan keterampilan dasar bagi setiap pengemudi mobil. (Suzuki Bali) (KOMPAS.COM)

Pasang Roda Mobil Wajib Memakai Kunci Torsi

Oliver Doanatama Siahaan Sabtu, 21 September 2024 | 18:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemasangan roda pada mobil sepintas mudah dilakukan. Tapi sebenarnya, membutuhkan teknik khusus agar hasilnya baik dan tidak merusak komponen.

Salah satunya dengan memakai kunci torsi, setelah semua mur terpasang untuk memastikan kekencangannya sudah pas.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan, kunci torsi berperan memastikan kekencangan mur roda sudah sesuai, sehingga dapat mencegah peluang terlepas di jalan.

“Kekencangan mur roda pada masing-masing mobil berbeda, tergantung besarnya mur, untuk mur ukuran 21 mm, kekencangan berkisar 11 Kgm atau 120 Nm, keterangan tersebut tertuang dalam service manual book (SM) masing-masing mobil,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (20/9/2024).

Hardi mengatakan, setiap orang bisa mengatakan suatu mur sudah kencang. Tapi, tanpa alat ukur atau kunci torsi, kekencangan yang dimaksud oleh setiap orang selalu tak sama, tergantung tenaga orang tersebut.

“Misal, skala kencang buat laki-laki dan perempuan secara umum pasti beda, maka dari itu setiap memasang roda, murnya harus dikencangkan menggunakan kunci torsi agar pas,” ucap Hardi.

Hardi mengatakan, mur roda dengan kekencangan di bawah spesifikasi akan membuatnya lebih mudah kendur saat roda berputar. Pengaruh putaran dan getaran akan membuat kekencangannya berubah seiring pemakaian.

“Nah, kalau terlalu kencang, maka ada risiko merusak ulir, pada kondisi tertentu baut bisa patah, ulirnya rusak atau kepala murnya bulat ketika proses pelepasan untuk periodikal selanjutnya, ini akan menyusahkan proses pelepasan roda,” ucap Hardi.

Maka dari itu, menurut Hardi, setelah pemasangan roda dalam kondisi darurat, seperti di jalan, disarankan untuk segera dibawa ke bengkel guna memastikan kekencangannya sudah pas.

“Jika punya kunci torsi sendiri itu lebih baik, pemeriksaan kekencangan mur roda juga perlu dilakukan secara berkala, yakni setiap waktunya servis rutin, untuk mencegah risiko roda terlepas di jalan,” ucap Hardi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasang Roda Mobil Wajib Pakai Kunci Torsi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/21/082200015/pasang-roda-mobil-wajib-pakai-kunci-torsi.