Find Us On Social Media :
Tuas rem tangan Honda WR-V(Kompas.com/Donny) (KOMPAS.COM)

Cara Untuk Menghindari Rem Mobil Macet Saat Musim Hujan

Oliver Doanatama Siahaan Sabtu, 5 Oktober 2024 | 19:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ketika musim hujan tiba, pemilik mobil perlu lebih memperhatikan kondisi dan perawatan kendaraan mereka, terutama dalam merawat rem mobil.

Pasalnya, rem mobil bisa macet dan tidak berfungsi dengan baik sehingga berbahaya bagi pengemudi dan penumpang.

Maka dari itu, pemilik mobil perlu melakukan pencegahan untuk menghindari masalah rem macet di musim hujan.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, rem mobil yang macet saat musim hujan tidak selalu terjadi tapi bisa saja terjadi.

“Tidak selalu bikin rem macet, tapi bisa saja. Jika mobil melewati genangan banjir kemudian dalam kondisi basah mobilnya di parkir dan hand rem aktif, biasanya dalam beberapa waktu hand rem ketika dilepas lengket,” kata Iwan kepada Kompas.com, Sabtu (5/10/2024).

Iwan menjelaskan, hal ini bisa terjadi karena adanya kotoran dan karat akibat air hujan yang menempel di kanvas rem dan piringan atau tromol.

“Jadi tidak cukup hanya mencuci atau menyiram sisa kotoran banjir saja, sebaiknya setelah melewati banjir rem belakang diservice,” kata Iwan.

Selain itu, Iwan juga mengatakan, pemilik mobil bisa tidak mengaktifkan rem tangan asal parkirnya aman.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service juga mengatakan, setelah mobil kena hujan sebaiknya tidak mengaktifkan rem tangan.

“Setelah kena hujan sebaiknya saat parkir lama tidak mengaktifkan rem tangan, kampas rem bisa lengket karena karat dan rem jadi ngunci,” ucap Muchlis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Menghindari Rem Mobil Macet Saat Musim Hujan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/05/124200315/cara-menghindari-rem-mobil-macet-saat-musim-hujan.