Find Us On Social Media :
Siswa Bangka Tengah Sabet Juara II Tingkat Provinsi Babel (Diskominfosta Bangka Tengah/ DKPUS Provinsi Babel.)

Gaungkan Literasi, Siswa Bangka Tengah Sabet Juara II Tingkat Provinsi Babel

Riska Tri Handayani Minggu, 6 Oktober 2024 | 14:52 WIB

SonoraBangka.id - Pemenang Lomba Bertutur Tingkat SMP/MTs Tahun 2024 yang diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (03/10/2024), telah diumumkan.

Pada perlombaan ini siswa SMPN 1 Koba, Mikhaella Armelia, berhasil meraih peringkat 3 besar dengan membawakan cerita Kemingking dan Parang Betuah. Mikhaella meraih posisi Juara II, sedangkan Juara I diraih oleh Belqis Sipani Abelia dari SMPN 1 Tukak Sadai, Bangka Selatan yang membawakan cerita berjudul Putri Babi. Sementara itu, membawakan cerita yang sama, Kaysan Ahyan Fadil dari SMPN 2 Sungailiat meraih Juara III.

Kepala DKPUS Babel, Rakhmadi, berpesan kepada para peserta untuk terus memupuk kemampuan terlepas dari predikat menang atau kalah.

“Bagi para pemenang, ingatlah bahwa ini bukan akhir, namun dorongan untuk terus menoreh prestasi lebih tinggi lagi. Bagi yang belum berhasil, ingat bahwa ini juga bukanlah akhir, melainkan motivasi untuk berusaha lebih giat lagi,” ujarnya.

Ditemui secara terpisah, Mikhaela menyatakan rasa syukur dan bangga dengan apa yang telah diraih. Dia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bimbingan semua pihak.

“Semua itu tak lepas dari dukungan orang tua, kepala sekolah, kepala dinas kearsipan, guru-guru, teman-teman, dan tak lupa dukungan dari pembimbing. Saya harap dengan apa yang telah saya raih ini juga bisa menjadi motivasi dan inspirasi untuk teman-teman di Kabupaten Bangka Tengah yang memiliki minat yang sama. Saya yakin banyak (teman-teman) yang berkemampuan lebih (dari saya),” terang Mikhaela.

Sementara itu, dengan mengucap syukur guru pembimbing Mikhaela mengaku bangga dan tetap optimis meskipun tidak meraih posisi Juara I.

“Tentu sebagai salah satu gurunya, saya sangat bangga. Hal ini patut diapresiasi atas usaha dan semangat Ananda dalam berlatih. Semoga ini menjadi motivasi pada siswa lainnya khususnya Mikhaella sendiri dalam mengembangkan bakat yang dimilikinya. Untuk Mikha dan siswa lainnya, jangan pernah merasa puas dengan apa yang telah diraih melainkan terus berlatih mengasah kemampuan terhadap bakat yang dimiliki,” ujar Ratih Amalia Wulandari, guru SMPN 1 Koba.

Pada ajang ini, semua pemenang mendapatkan trofi dan sertifikat, dan tambahan uang pembinaan.

Nah, untuk Juara I mendapatkan sebesar 5 juta rupiah, Juara II mendapatkan 3 juta rupiah, Juara III mendapatkan 2 juta rupiah. Sementara itu posisi Harapan I mendapatkan uang pembinaan 1,5 juta rupiah, dan Harapan II mendapatkan 1 juta rupiah.

Artikel ini telah terbit di https://bangkatengahkab.go.id/berita/detail/kominfo/sabet-juara-ii-tingkat-provinsi-babel-siswa-bangka-tengah-gaungkan-literasi