Find Us On Social Media :
Menyimpan daging mentah di freezer bisa tahan hingga satu tahun. (SHUTTERSTOCK/Ahanov Michael)

Berikut ini Cara Mencairkan Daging Giling Beku dari Freezer

Julisna Ruswan Selasa, 8 Oktober 2024 | 07:36 WIB

SonoraBangka.id - Daging giling adalah bahan makanan yang sering disimpan di dalam freezer untuk keperluan masak sewaktu-waktu. Namun, mencairkan daging beku dari freezer tidak bisa dilakukan sembarangan. Kesalahan dalam proses mencairkan daging bisa meningkatkan risiko penyakit akibat kontaminasi bakteri.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui metode yang aman untuk mencairkan daging giling beku. Berikut ini adalah beberapa cara aman yang bisa kamu terapkan untuk mencairkan daging giling beku:

1. Menggunakan microwave

Microwave adalah salah satu cara tercepat untuk mencairkan daging giling. Caranya sangat mudah: Tak Ada Permintaan Maaf pada PKI Artikel Kompas.id Keluarkan daging dari kemasan aslinya dan letakkan di atas piring yang aman untuk microwave. Jika microwave memiliki pengaturan defrost, ikuti petunjuk yang ada di layar. Jika tidak ada pengaturan defrost, kamu bisa memasukkan daging ke dalam microwave dan memanaskannya selama 5 menit per pon daging, lalu balik daging di tengah proses pemanasan.

2. Pakai air dingin

Cara ini juga efektif dan relatif lebih aman untuk mencairkan daging dengan cepat. Langkah-langkahnya adalah: Isi mangkuk besar dengan air dingin dari keran dan rendam daging giling yang masih dalam kemasan atau sudah dimasukkan ke dalam kantung zip-lock. Gunakan piring untuk menekan daging agar terendam seluruhnya di dalam air. Jika air mulai hangat, tambahkan es batu agar tetap dingin sehingga mencegah pertumbuhan bakteri.

3. Metode air panas

Beberapa orang menggunakan air panas untuk mempercepat proses pencairan. Berikut cara yang benar: Isi mangkuk dengan air panas dan rendam daging giling yang masih dalam kemasan atau yang sudah dipindahkan ke kantong plastik zip-lock yang kedap udara. Gunakan benda berat seperti piring untuk memastikan daging tetap terendam di dalam air. Metode ini cepat, tetapi tidak disarankan jika tidak segera dimasak, karena berpotensi menempatkan daging dalam suhu yang berbahaya bagi pertumbuhan bakteri. 

4. Hancurkan daging

Jika kamu sudah mencairkan sebagian daging, mempercepat proses dengan menipiskan daging bisa menjadi solusi. Caranya: Letakkan daging giling di antara dua lembar kertas perkamen atau di dalam kantong plastik, lalu tumbuk menggunakan rolling pin hingga daging menjadi lebih tipis. Dengan menipiskan daging, proses pencairan akan lebih cepat karena bagian daging yang lebih kecil mencair lebih mudah. 

5. Cara paling aman: Taruh di lemari es semalaman (luar freezer)

Jika tidak terburu-buru, cara paling aman dan terbaik untuk mencairkan daging adalah dengan menaruhnya di lemari es (luar freezer) semalaman, sekitar 10-12 jam sebelum dimasak. Metode ini memastikan bahwa daging tidak masuk ke dalam zona suhu berbahaya, yaitu di atas 4 derajat Celsius yang bakteri dapat berkembang biak dengan cepat.

Selain itu, mencairkan daging di lemari es juga memberikan tekstur terbaik pada daging. Pastikan untuk selalu menempatkan daging di bawah produk lain di dalam lemari es dan menggunakan nampan untuk mencegah tetesan cairan dari daging mencemari makanan lain.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Cairkan Daging Giling Beku dari Freezer, Ini yang Paling Aman", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/10/04/203100375/cara-cairkan-daging-giling-beku-dari-freezer-ini-yang-paling-aman.