Find Us On Social Media :
Ilustrasi omelette sayuran. (Dok. Freepik/stockking)

Jangan Dimasak Terlalu Lama , Berikut Tips Olah Telur yang Sehat

Julisna Ruswan Kamis, 10 Oktober 2024 | 06:59 WIB

SonoraBangka.id -  Telur salah satu bahan masakan yang dapat dibuat berbagai menu, selain mudah diolah juga kaya akan nutrisi. Telur mengandung protein, vitamin, mineral, lemak, antioksidan, dan kolin baik untuk tubuh kita. Cara mengolah telur agar kandungan nutrisinya tetap terjaga perlu memperhatikan cara memasaknya. Simak tips mengolah telur yang sehat berikut, dikutip dari buku "Kumpulan Resep Olahan Telur" (2020) Karya Carolina Ratri terbitan Garuda Mas Sejahtera. 

1. Memasak dengan metode rendah kalori

Cara memasak telur dengan metode rendah kalori, yaitu merebus telur baik dengan kulit atau tanpa kulit. Pakta untuk Masa Depan Palestina Artikel Kompas.id Metode memasak ini tidak akan menambahkan kalori berlemak. Cara ini akan lebih rendak kalori dibanding telur dadar, telur goreng mata sapi, dan telur orak-arik.

2. Pilih minyak yang sehat

Mengutip Healthline, jika ingin menggoreng telur pilihlah minyak yang sehat tidak menambah kalori dan juga lemak. Minyak yang sehat misalnya seperti zaitun, minyak wijen, atau minyak bunga matahari. Masaklah dengan minyak bersuhu stabil dan tidak mudah teroksidasi agar tidak membentuk radikal bebas berbahaya.

3. Jangan dimasak terlalu lama

Semakin lama dan panas memasak telur, semakin banyak nutrisi yang akan hilang. Memasak dengan panas yang tinggi dan waktu lama juga meningkatkan jumlah kolesterol teroksidasi dalam telur, terutama saat menggoreng. 

4. Tambahkan sayuran

Saat memasak telur, tambahkan sayuran. Nutrisi dalam telur akan lebih mudah dicerna saat dikonsumsi bersamaan dengan sayuran kaya serat dan vitamin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Olah Telur yang Sehat, Jangan Dimasak Terlalu Lama ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/10/08/070500475/tips-olah-telur-yang-sehat-jangan-dimasak-terlalu-lama-.