Find Us On Social Media :
Tuas transmisi mobil matik() (KOMPAS.COM)

Penjelasan Transmisi Matik CVT Lebih Irit dibandingkan AT Konvensional

Oliver Doanatama Siahaan Senin, 14 Oktober 2024 | 18:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Transmisi otomatis tipe AT konvensional kini mulai ditinggalkan. Saat ini semakin banyak mobil baru yang menggunakan transmisi matik tipe CVT.

Sesuai namanya, CVT adalah singkatan dari Continuously Variable Transmission, yang bekerja menggunakan sabuk baja, mirip dengan sistem pada sepeda motor matik atau skutik.

Freddy Karya, supervisor Dokter Mobil (Domo) Transmisi di Kelapa Gading, Jakarta Utara, menjelaskan bahwa keunggulan utama transmisi CVT adalah efisiensi bahan bakar dan perpindahan gigi yang lebih halus.

"Keunggulan CVT adalah konsumsi bahan bakar yang lebih irit dan perpindahan gigi yang sangat halus, karena menggunakan pulley seperti pada motor matik. Kita bahkan tidak merasakan perpindahan gigi," kata Freddy kepada Kompas.com, Jumat (11/10/2024).

Selain itu, Freddy menambahkan bahwa transmisi CVT mempunyai kemampuan untuk menawarkan lebih banyak gigi dibandingkan matik AT konvensional.

"CVT dapat memiliki jumlah gigi yang tidak terbatas, tergantung pada pengaturan pabrikan, apakah ingin 6 atau 7 percepatan. Dengan menggunakan pulley, jumlah percepatan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan," ujarnya.

Hal ini berbeda dengan transmisi AT konvensional, di mana jumlah gigi biasanya lebih sedikit.

"Pada transmisi AT, rasio gigi terbatas tergantung pada girboks. Misalnya, jika girboks disetel untuk 4 percepatan, maka hanya akan ada 4 rasio yang tersedia, seperti planetary gear dan sun gear," jelas Freddy.

"Masalahnya, jika jumlah percepatannya sedikit, mesin perlu bekerja lebih keras (putarannya tinggi). Contohnya, pada kecepatan 100 Kpj dengan 4 percepatan, Rpm mobil bisa mencapai hampir 3.000. Untuk (Toyota) Avanza, Rpm bisa melewati 3.000, sedangkan Innova bensin pada 100 Kpj mendekati 2.800 Rpm," ujarnya.

"Sebaliknya, jika jumlah percepatannya banyak, Rpm bisa berada di bawah 3.000, sehingga putaran mesin lebih rendah. Itulah yang membuat CVT lebih irit," kata Freddy.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penjelasan Transmisi Matik CVT Lebih Irit dari AT Konvensional", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/14/084200715/penjelasan-transmisi-matik-cvt-lebih-irit-dari-at-konvensional.