Find Us On Social Media :
Rakor dalam upaya mencegah dan menurunkan kasus kekerasan (Diskominfosta Bangka Tengah)

DPPKBP3A Kuatkan Sinergi Demi Cegah Kenaikan Kasus Kekerasan Anak di Bangka Tengah

Riska Tri Handayani Jumat, 18 Oktober 2024 | 10:44 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui, kasus tindak kekerasan terindikasi mengalami peningkatan secara nasional.

Oleh sebab itu, pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia mendorong kabupaten/kota untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi antar stakeholder dalam upaya mencegah dan menurunkan kasus kekerasan di wilayah masing-masing.

Terkait dengan hal ini Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) melaksanakan rapat koordinasi yang digelar di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Bangka Tengah, Kamis (17/10/2024).

Rakor ini dihadiri 60 peserta yang terdiri atas perwakilan OPD di Bangka Tengah, Camat, Lurah/Kades, Korwil Pendidikan, juga perwakilan bidang/badan/organisasi/forum yang terkait.  

Acara dibuka oleh Tamimi selaku Staf Ahli Bidang Perekonomian, Pembangunan, dan Keuangan Kabupaten Bangka Tengah. Disampaikannya bahwa pertemuan kali ini bermaksud mengajak seluruh stakeholder untuk bersinergi mengatasi isu kekerasan terhadap anak, khususnya di Bangka Tengah.

“Karena tidak mungkin isu sebesar ini hanya menjadi tanggung jawab satu OPD atau satu dinas saja, melainkan melibatkan semua aspek dan elemen. Apabila kita semua bersatu baik eksekutif, legislatif, yudikatif, dan masyarakat serta dunia usaha terlibat, saya yakin upaya perlindungan anak akan berhasil,” ujarnya.

Tamimi juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran para peserta dan narsumber yang mengisi materi hari ini.

“Terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu sekalian, semoga upaya Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam mengupayakan perlindungan anak ini menjadi tepat sasaran bersama narsumber yang ahli di bidangnya, serta dengan dukungan para peserta seluruhnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Dede Lina Lindayanti selaku Kepala DPPKBPPPA Bangka Tengah menerangkan bahwa rakor ini bertujuan untuk mencegah kasus kekerasan anak di Bangka Tengah semakin meningkat, mengingat adanya lonjakan kasus secara nasional.

“Kita dengan segala keterbatasan kondisi keuangan daerah ini tetap berupaya melakukan penyebarluasan informasi ke berbagai pihak, seperti sekolah dan unsur-unsur pemerintahan desa atau kecamatan. Untuk itu, kami berharap agar seluruh mitra mau bekerja sama untuk mengusahakan hal ini dengan caranya masing-masing sehingga informasi yang sudah disampaikan tidak terputus begitu saja,” ujar Dede.

Materi-materi yang dibawakan para narasumber terasa padat dan bermanfaat hingga peserta larut menyelami data demi data. Dari masing-masing pemateri disampaikan berbagai macam kondisi yang bisa melatarbelakangi terjadinya kekerasan pada anak. Acara pun diakhiri dengan tanya jawab dan penjaringan aspirasi dari berbagai sisi stakeholder yang hadir. 

Narasumber yang diundang pada kesempatan ini yakni dr. Kevin Sulay Wijaya, Sp.K.J., M.M., selaku psikiater dari RSUD Abu Hanifah membawakan materi kesehatan mental terkait dengan kondisi biologis dan psikologis, dan Dr. Joko Triyadi, S.E., M.Si. selaku Kepala Bappelitbangda memaparkan data evaluasi program perlindungan anak di Bangka Tengah, sementara itu akademisi Putra Pratama Saputra, M.Ps.Sp., yang merupakan Dosen Sosiologi dari Universitas Bangka Belitung membawakan materi tentang bagaimana deteksi dini perilaku penyimpangan sosial pada anak, termasuk pemicunya secara sosial.

Artikel ini telah terbit di https://bangkatengahkab.go.id/berita/detail/kominfo/cegah-kenaikan-kasus-kekerasan-anak-di-bangka-tengah-dppkbp3a-kuatkan-sinergi