Find Us On Social Media :
Potensi manfaat belimbing wuluh untuk menurunkan kolesterol. (iStockphoto/Bowonpat Sakaew)

Bisa Bantu Atasi Diabetes, Ini Manfaat Air Rebusan Belimbing Wuluh

Julisna Ruswan Selasa, 22 Oktober 2024 | 05:58 WIB

SonoraBangka.id- Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) merupakan buah kecil yang asam dan sering digunakan dalam masakan tradisional di berbagai negara Asia Tenggara. Selain sebagai bahan masakan, belimbing wuluh juga terkenal memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama jika dikonsumsi dalam bentuk air rebusan. Berikut adalah beberapa manfaat dari air rebusan belimbing wuluh yang dapat membantu mengatasi berbagai penyakit: 

1. Redakan nyeri sendi akibat rematik

Rematik adalah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan dan nyeri pada sendi. Salah satu manfaat utama air rebusan belimbing wuluh adalah meredakan gejala rematik.

Ini karena belimbing wuluh mengandung senyawa antiradang yang efektif untuk mengurangi peradangan dan nyeri pada sendi. Konsumsi air rebusan belimbing wuluh secara rutin dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat rematik.

2. Bantu atasi diabetes

Air rebusan belimbing wuluh juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes. Menurut penelitian dari Poltekkes PIM, ekstrak etanol daun belimbing wuluh dapat menurunkan kadar glukosa darah setelah 14 hari pemakaian. Cara penggunaannya cukup sederhana, yaitu dengan merebus enam buah belimbing wuluh yang sudah dilumatkan dalam segelas air, kemudian meminum air rebusan tersebut dua kali sehari.

3. Turunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan kondisi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Air rebusan belimbing wuluh memiliki kandungan antioksidan dan protein yang dapat membantu mengontrol tekanan darah.  Kandungan kalium pada belimbing wuluh berfungsi menurunkan tekanan darah, sedangkan serat yang terdapat di dalamnya membantu mengurangi kadar kolesterol dan gula darah. Dengan demikian, sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih seimbang.

4. Jaga kesehatan jantung

Air rebusan belimbing wuluh mengandung berbagai senyawa seperti vitamin C, saponin, tanin, dan terpenoid yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan mencegah penyumbatan di pembuluh darah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bantu Atasi Diabetes, Ini Manfaat Air Rebusan Belimbing Wuluh", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/10/18/153100075/bantu-atasi-diabetes-ini-manfaat-air-rebusan-belimbing-wuluh.