Find Us On Social Media :
Ilustrasi penggantian oli atau pelumas mesin mobil.(Agung Kurniawan) (KOMPAS.COM)

Mobil Rewel, Bisa Jadi karena Salah Untuk Pilih Oli

Oliver Doanatama Siahaan Selasa, 22 Oktober 2024 | 21:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Masalah mobil di jalanan tak selalu disebabkan oleh komponen yang sudah aus atau kerusakan mesin. Terkadang, hal sederhana seperti salah memilih oli juga bisa menjadi penyebab utama mobil sering "rewel".

Banyak pemilik kendaraan kurang memperhatikan spesifikasi oli yang sesuai dengan mesin mobilnya, padahal pemilihan oli yang tepat sangat penting untuk menjaga performa mobil tetap prima.

Oli yang salah, baik terlalu kental maupun terlalu encer, bisa mempengaruhi kinerja mesin dan bahkan menyebabkan kerusakan pada komponen vital, seperti stang piston atau sensor mesin.

Menurut Lung Lung, pemilik Dokter Mobil, kesalahan dalam pemilihan oli sering menjadi penyebab mobil kehilangan performa di jalan.

"Banyak pelanggan datang dengan masalah mobil yang bermasalah, dan setelah diperiksa, ternyata penyebabnya sederhana, mereka menggunakan oli yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Sebagai contoh, oli yang terlalu kental dapat menyebabkan mesin bekerja lebih berat, meningkatkan gesekan antar komponen, dan mempercepat keausan pada bagian-bagian penting," kata Lung Lung kepada Kompas.com, Senin (21/10/2024).

Ia juga menjelaskan bahwa oli yang terlalu encer tidak kalah berbahaya karena tidak bisa melumasi komponen mesin dengan baik.

"Apalagi saat mobil digunakan dalam kondisi ekstrem atau suhu tinggi. Ini bisa memicu kerusakan pada stang piston atau bagian mesin lainnya yang seharusnya terlindungi oleh lapisan oli," kata Lung Lung.

Ia mengingatkan bagi pemilik mobil tentang pentingnya mengikuti rekomendasi pabrikan tentang jenis oli yang digunakan.

"Pengguna mobil mesti sering-sering baca buku manual. Ini sangat penting terutama buat mobil-mobil modern dengan teknologi sensor yang sensitif. Kalau oli yang digunakan enggak sesuai, sensor mesin bisa rusak, dan biaya perbaikannya tidak murah," ujar Lung Lung.

Penggunaan oli yang tepat tentunya akan menjaga performa mesin tetap optimal sekaligus mencegah potensi kerusakan besar di kemudian hari.

Selain itu, penggunaan oli yang tidak sesuai juga bisa berpotensi membatalkan garansi kendaraan, menambah beban biaya bagi pemilik mobil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Rewel, Bisa Jadi karena Salah Pilih Oli", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/22/082200115/mobil-rewel-bisa-jadi-karena-salah-pilih-oli.