Kondisi banjir yang terjadi di Pemukiman warga Sungai Tebo, Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah pada Rabu (13/1/202).
Kondisi banjir yang terjadi di Pemukiman warga Sungai Tebo, Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah pada Rabu (13/1/202). ( Istimewa)

Air Laut Meluap, Sejumlah Pemukiman Warga di Sungai Tebo Tergenang Air

14 Januari 2021 09:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Akibat tingginya curah hujan yang disertai gelombang tinggi membuat air laut meluap sehingga menyebabkan pemukiman warga Sungai Tebo, Lubuk Besar, Bangka Tengah tergenang banjir, Rabu (13/1/2021).

Ada beberapa titik banjir yang terjadi di Kabupaten Bangka Tengah, khususnya di wilayah pesisir pantai dan salah satunya yakni terjadi di Kecamatan Lubuk Besar.

Air laut yang meluap membanjiri pemukiman warga dengan ketinggian hingga lutut orang dewasa tersebut membuat aktifitas warga tersebut terhambat.

Banjir yang terjadi Sungai Tebo itu dibenarkan oleh Kades Lubuk Besar, Yanto.

 

"Iya benar, tadi memang ada 7 rumah warga di Sungai Tebo, Lubuk Besar yang terkena banjir dengan ketinggian selutut orang dewasa. Akibat kejadian itu beberapa alat rumah tangga warga ikut terendam," ujar Yanto, Rabu (13/1/2021).

"Beberapa perabotan rumah tangga yang terendam itu sudah dievakuasi," lanjutnya.

Dikatakannya, hingga sore air laut yang meluap sudah surut. Kendati demikian, Yanto tetap mengimbau masyarakat agar terus waspada denga cuaca saat ini.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bateng, Yudi sabara menyebutkan pihaknya sudah mendatangi 4 titik lokasi rawan banjir termasuk pemukiman di dekat Sungai Tebo Lubuk Besar.

Selain itu titik lainnya seperti Jalan Raya Desa Kulur Ilir Kecamatan Lubuk Besar, Jalan raya Arung Dalam Kecamatan Koba dan pesisir pantai Desa Batu Belubang Kecamatan Pangkalanbaru.

Dirinya juga mengimbau masyarakat agar menjauhi titik rawan banjir dan menyarankan agar warga tidak melakukan aktivitas di pesisir pantai sampai cuaca membaik.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Meluapnya Air Laut, Tujuh Rumah di Sungai Tebok Lubuk Besar Terkena Banjir

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm